Pertama Digelar, Gus Ipul Buka MTQ Cheng Hoo 2017

Selasa, 10 Oktober 2017  23:36

Pertama Digelar, Gus Ipul Buka MTQ Cheng Hoo 2017
SURABAYA (BM) - Untuk pertama kalinya perkumpulan Masjid Cheng Hoo menggelar kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Cheng Hoo. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Cheng Hoo Surabaya dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Jatim, H Saifullah Yusuf, Selasa (10/10) diikuti lebih dari 50 peserta MTQ perwakilan 17 Masjid Cheng Hoo di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Gus Ipul berharap kegiatan MTQ yang telah membudaya di tengah masyarakat, selain berkembang dari segi syiar dan kualitas penyelenggaraannya, juga dapat mewarnai wajah umat Islam dan bangsa Indonesia. MTQ harus mampu membumikan Al Quran sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat.

Tujuan dan makna kegiatan MTQ, prestasi adalah yang utama. Namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah tentang bagaimana membumikan Al Quran. “Harus menjadikan Al Quran sebagai nafas kita, sebagai pegangan hidup kita yang hakiki dan sebagai kepribadian kita,” pintanya.

“Selain itu, saya berharap agar hakikat, makna, dan tujuan MTQ kita pegang teguh sehingga Al Quran benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena ketika kita menggaungkan Al Quran maka sebenarnya kita sedang mengagungkan nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai kesalehan sosial, nilai-nilai yang mengutamakan pembelaan pada yang lemah, mengutamakan pembelaan pada yang fakir, mengutamakan pembelaan pada yang miskin,” katanya.

Ketua Panitia, Ahmad Hariyono Ong mengatakan, kegiatan MTQ Cheng Hoo juga menjadi rangkaian peringatan hari jadi Masjid Cheng Hoo Surabaya ke 15. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan generasi muslim gemar membaca Al-Qur’am khususnya etnis Tionghoa.

Tercatat perwakilan 17 Masjid Cheng Hoo di seluruh Indonesia ikut dalam kegiatan ini dengan mengirimkan masing-masing dua orang untuk mengikuti acara ini. “Kami berharap kegiatan menumbuhkan generasi Islam Tionghoa lebih bersemangat mempelajari dan mengkaji Al’Quran untuk diterapkan dalam kehidupan,” katanya.

Selain MTQ, beberapa rangkaian acara digelar untuk merayakan HUT ke 15 Masjid berornamen khas negeri Cina. Antara lain diadakannya Khotmil Qur’an yang diikuti sekitar 250 penghafal Al’Quran dalam rangka doa untuk bangsa. (kmf/era/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>