Proyek Tol SoKer Terkendala Pembebasan Lahan

Kamis, 08 Februari 2018  23:10

Proyek Tol SoKer Terkendala Pembebasan Lahan
MADIUN (BM) – Sebanyak 1.627 bidang tanah di ruas jalan Tol Solo-Ngawi-Kertosono (SoKer) di wilayah Madiun belum terbebaskan. Dari 1.627 bidang tersebut untuk jalan overpass penghubung antar desa. Berbagai upaya dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Madiun mempercepat pembangunan tol Solo-Kertosono.
 
"Untuk bidang tanah yang masih belum bebas ada 1.627, yang akan dipakai untuk jalan overpass penghubung antar desa. Saat ini kita masih berupaya mempercepat pembebasan," kata Kepala BPN Kabupaten Madiun, Budi Martono, Kamis (8/2).
 
Kepala BPN Kabupaten Madiun yang juga Ketua Pelaksana Pengadaan Tanah untuk jalan tol Ngawi-Kertosono mengaku, dari 1.627 bidang tanah untuk kepentingan overpass dengan luas total 265.684 meter persegi. Dari jumlah tersebut ada 878 bidang tanah telah menyetujui harga ganti rugi, sedangkan sisanya 749 bidang masih negosiasi harga.
 
"Ada 878 bidang sudah kita sosislisasikan setuju harga ganti rugi. Untuk nilai ganti rugi memang bervariasi antara Rp 214.000/meter hingga 1.120.000/meter tergantung lokasi tanahnya," tutur Budi.
 
Dari 1.627 bidang tanah untuk keperluan jalan overpass tersebut tersebar di 7 wilayah yakni Desa Bagi, Warurejo, Bongsopotro, Bajulan, Sukorejo, Wonoayu dan Kuwu. Saat ini untuk ruas jalan tol dari Ngawi hingga Wilangan-Nganjuk sudah selesai pengecoran dan bisa dilalui. Meski masih pengerjaan overpass, ruas tol Ngawi-Wilangan sudah bisa dioperasikan untuk pengguna jalan.
 
"Untuk ruas jalan saat ini tidak ada masalah bisa dioperasikan dan sudah mulus jalannya. Untuk overpass yang belum selesai bisa sambil jalan namun tetap kita upayakan percepatan pembebasan lahan," katanya.
 
Budi menambahkan, saat ini evaluasi terus dilakukan oleh BPN dan PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ,) selaku pengembang tol. Selain overpass, saat ini pengerjaan jalan utama dari Surabaya-Madiun menuju gerbang tol GT Madiun atau pertigaan Dumpil, dikebut. 
(det/udi)
 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>