Puspa Agro Jadi Tuan Rumah Kontes Ternak

Kamis, 10 Agustus 2017  20:17

Puspa Agro Jadi Tuan Rumah Kontes Ternak
SURABAYA (BM) - Komplek Pusat Perdagangan Agro (Puspa Agro) kembali menjadi ajang unjuk prestasi para peternak di kabupaten Sidoarjo. Dalam even Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan, Puspa Agro menjadi tuan rumah final even tahunan yang akan digelar 21-22 Agustus 2017.

Final Kontes Ternak dan Ekspo Peternakan, kata ketua panitia Bambang Erwanto, merupakan tahap akhir setelah sebelumnya melalui seleksi di masing-masing kecamatan di wilayah kabupaten Sidoarjo. Dengan demikian, yang akan tampil dalam final di Puspa Agro adalah para juara di tingkat kecamatan. Adapun hewan ternak yang dikonteskan adalah sapi dan kambing.

Ada lima kategori yang dikonteskan untuk jenis sapi. Selain akan mengambil tiga juara (peringkat) untuk masing-masing kategori, panitia juga akan menetapkan juara kategori ekstrem untuk satu pemenang. Sementara untuk jenis kambing, peserta akan berebut di enam kategori plus satu juara ekstrem. Juara kategori ekstrem akan diambil dari ternak sapi dan kambing yang bobotnya terberat.

Selain ajang unjuk prestasi bagi para peternak, kontes juga dimeriahkan oleh pameran aneka hewan eksotik, di antaranya ular, iguana, landak, burung dan lain-lain. Panitia juga menyiapkan stan khusus untuk produk peternakan dan bahan bakunya. Alat-alat pertanian dan panggung hiburan juga dihadirkan melengkapi kemeriahan even ini.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian sidoarjo, Handajani, menjelaskan, kontes ternak dan ekspo peternakan ini diselenggarakan di antaranya bertujuan memotivasi dan memacu kesadaran masyarakat, khususnya para peternak untuk meningkatkan usaha budi daya ternak. Selain itu, sambung Handajani, agar peternak benar-benar peduli dengan terhadap kesehatan hewan.

“Selain itu, even ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari bibit unggul hasil inseminasi buatan, serta mempertahankan potensi ternak dan hasil produksi peternakan, khususnya di Sidoarjo,” kata Handajani.

Sementara Dirut PT Puspa Agro, Abdullah Muchibuddin, menambahkan, even kontes hewan ternak sangat bagi para peternak dan masyarakat. Bagi peternak, kontes ini bisa memacu semangat untuk budi daya guna mengasilkan produksi ternasuk yang berkualitas. Sementara masyarakat pengguna atau konsumen diuntungkan karena mendapat komoditas atau hasil produksi dengan kualiatas bagus.

“Even ini mengandung unsur berkompetisi yang sehat untuk menghasilkan hewan yang terbaik sesuai kategori atau kreteria yang ditentukan panitia. Dan, tentu saja, hadiah yang disiapkan panitia bisa memacu semangat berbudi daya,” katanya. (*/udi)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>