Tingkatkan SDM, Terapkan Dual Track Strategy

Selasa, 14 November 2017  21:55

Tingkatkan SDM, Terapkan Dual Track Strategy
SURABAYA (BM) – Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, atau yang akrab disapa Pakde Karwo meluncurkan Buku Pembangunan Jawa Timur Berkeadilan dan Berdaya Saing oleh Dewan Riset Daerah yang diketuai Prof. HotmanSiahaan, di Gedung Negara Grahadi, Selasa (14/11).

Pada kesempatan itu, Pakde Karwo mengatakan bahwa tetap konsisten dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)) masyarakat Jatim. Tujuannya, agar masyarakat Jatim memiliki daya saing di dalam persaingan global.

“Pemprov Jatim melakukan beberapa upaya untuk terus meningkatkan kualitas SDM, salah satunya, dengan menerapkan dual track strategy yang meliputi sektor formal dan strategi non formal. Tidak saja untuk penempatan SDM di dunia kerja. Namun juga dalam rangka menciptakan wirausaha-wirausaha yang punya daya saing untuk menguasai pasar dalam negeri maupun pasar global. Strategi formal akan diarahkan dengan meningkatkan kualitas lulusan SMK dengan menambah muatan kurikulum yang diampu perguruan tinggi yang ada fakultas tekniknya,” ungkapnya

Selanjutnya, pada strategi nonformal akan diarahkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil dan bersertifikat. Pemprov Jatim juga berupaya meningkatkan sumber daya manusia melalui SMK mini dan Balai latihan kerja. Melalui pelatihan tenaga kerja terampil bersertifikat di 16 UPT pelatihan kerja.

Dengan target 30.032 orang. Ditambah SMK mini yang sampai 2016 telah dibentuk diselenggarakan pelatihan sebanyak 264 lembaga terakreditasi A sebanyak 132 unit, Akreditasi B sebanyak 90 unit, Akreditasi C 26 unit serta non akreditasi sebanyak 16 unit dengan target  52.800 lulusan. “Setidaknya  Jatim bisa menyediakan  227.825 tenaga kerja  bersertiifikat dan berdaya saing,” jelasnya.

Dual Track strategy ini, merupakan strategi membangun yang berkualitas, standar terampil bersertifikat yang akan mampu memiliki daya saing di dunia kerja. Maupun akan mampu menjadi wirausaha yang akan terkoneksi pada saat berproduksi dengan strategi pembiayaan bunga murah maupun fasilitasi pasar. (era/udi)


OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>