UMKM Jawa Timur Serap Tenaga Kerja 14Juta Lebih

Selasa, 23 Oktober 2018  17:16

UMKM Jawa Timur Serap Tenaga Kerja 14Juta Lebih
SURABAYA (BM) - Meningkatnya jumlah UMKM di Jawa Timur dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat Jawa Timur.  Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Dr Mas Purnomo Hadi, MM mengatakan bahwa jumlah UMKM di Jawa Timur ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan.



"Dari 6,8 juta pada 2012, sekarang sudah menjadi 12,1 juta, dengan menyerap tenaga kerja 14 juta lebih. Maka kondisi itu memerlukan satu strategi khusus dalam rangka pola pembinaan ke depan. Apalagi sekarang menuju ke era milenial digital. Jadi UMKM secara menyeluruh akan kita kenalkan dan sosialisasikan terhadap digitalisasi. Karena ini merupakan suatu pasar, satu ruang dan lapak yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM yang sangat meningkat," ungkap Mas Pur di ruang kerjanya, Selasa (23/10). 
 


Lanjutnya, Gubernur Jawa Timur sangat peduli terhadap UMKM melalui Jatimnomic. Dan hal tersebut telah memberikan dasar dalam rangka pembinaan ke depan. "Maka kami sebagai  salah satu ujung tombak dalam pembinaan UMKM tersebut, ingin menyelaraskan program tersebut dan kami mempunyai 5 program prioritas dalam rangka pembinaan ke depan. Pertama, melalui peningkatan kualitas dan penguatan kelembagaan UMKM itu sendiri."



Mas Pur melanjutkan, langkah kedua yaitu peningkatan kualitas SDM, pengelola UMKM. Langkah ketiga, peningkatan kualitas dan penguatan produksi. keempat, peningkatan kualitas dan penguatan permodalan. Dan langkah kelima, peningkatan kualitas dan penguatan pasarnya
 


"Langkah-langkah yang kami lakukan terkait 5 progran tersebut pembinaan, pendampingan dan melalui vokasionalnya, pendidikan dan pelatihan terhadap SDM nya, kemudian memberikan ruang kepada mereka untuk membuat suatu laporann keuangan sesuai dengan kaidah laporan keuangn secara umum supaya UMKM bis anaik kelas, dari mikro menjadi kecil, kecil menjadi menengah, menengah menjadi besar.  Ketika SDM sudah profesional dan lembaga sudah kuat, laporan keuangan sudah bagus, itu merupakan modal untuk mereka yang membutuhkan permodalan, untuk akses permodalan dan sosialisasi untuk pajak supaya mereka taat terhadap pajak," terangnya. (Era)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>