Unusida Bakal Jadi Pusat Kajian Islam Warga Nahdliyin

Senin, 09 Juli 2018  19:36

Unusida Bakal Jadi Pusat Kajian Islam Warga Nahdliyin
SIDOARJO (BM)- Mimpi Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo untuk bisa memiliki universitas, rumah sakit (RS), dan Aswaja Center dalam satu kompleks, akhirnya bakal segera terwujud. Untuk tahap awal, sudah dituntaskan pembangunan gedung Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) di kawasan Rangkah Kidul, Kecamatan Kota Sidoarjo.

Peresmian gedung tahap I yang peletakan batunya dilakukan enam bulan silam itu, dilangsungkan pada Senin (9/7) sore. Hadir pada peresmian ini, Ketua PBNU KH Agil Sirodj, Wakil Bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua PCNU Sidoarjo KH Maskun, serta Ketua Muslimat NU Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo, Rektor Unusida dan sejumlah tamu undangan VIP lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor Unusida Fatkhul Anam menerangkan, pembangunan gedung Unusida tahap 1 ini merupakan hasil dana hibah dari pemerintah daerah sebesar Rp 7 miliar. Ke depan, kata dia, nantinya akan dibangun empat gedung lagi dengan empat fakultas yang ada.

Ketua PCNU H.Maskun menambahkan, secara singkat perolehan lahan Unusida ini yang diprakarsai Yayasan Siti Hajar pada tahun 2004 silam. Lahan seluas 6 hektare ini dibeli di tahun 2004 oleh Yayasan Siti hajar yang kemudian di tahun 2005 bersertifikat atas nama perkumpulan NU.
 
Awalnya, tanah ini untuk pengembangan tiga hal, yakni RSI Siti Hajar, office center, dan perkembangan perguruan tinggi. Setelah perjalanan panjang, akhirnya sampai pada pemasangan tiang pancang gedung Unusida Sidoarjo yang kemudian dilanjutkan dengan peresmian.

Wakil Ketua PC NU Sidoarjo Arly Fauzi yang juga Ketua Pembangunan Gedung Unusida Tahap 1 sebelumnya menerangkan, gedung baru itu nantinya sekaligus menjadi pusat kajian Islam bagi warga Nahdliyin. Sesuai masterplan, bangunan tersebut ditargetkan tuntas sepuluh tahun ke depan dengan anggaran Rp 500 miliar. ’’Mudah-mudahan, dengan kekompakan semua pihak, bisa lebih cepat,’’ tuturnya.

Di kawasan Jalan Lingkar Timur, ada lahan 6 hektare milik PC NU. Dua hektare di antaranya difungsikan untuk pengembangan kampus Unusida. Sisanya, yaitu 4 hektare, akan dibangun RS dan kompleks perkantoran. Untuk modal awal pembangunan gedung, pihaknya mendapat bantuan dari Pemkab Sidoarjo. Untuk tahap awsal, PC NU memperoleh dana hibah bidang pendidikan Rp 7 miliar. (omu/udi)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>