Wartawan/Media Kredible dan Tidak Kredible, Susah Dibedakan

Rabu, 06 Februari 2019  16:18

Wartawan/Media Kredible dan Tidak Kredible, Susah Dibedakan
SURABAYA (BM) - Pers ibarat mata pisau, bila digunakan secara layak maka akan bermanfaat tapi bila digunakan sembarangan maka akan melukai orang di sekitarnya. inilah salah satu hal yang dibahas dalam "Rembug Migas dan Media" yang diselenggarakan di Hotel Kampi, Jl Taman Apsari Surabaya, Rabu (6/2)

Beberapa narasumber yang hadir diantaranya Kepala SKK Migas Dwi Sucipto, Komisioner Dewan Pers terpilih Agus Sudibyo, Pengamat Ekonomi Yopi Hidayat dan Hadi Prasetya, CEO Suara Surabaya Errol Jonathan, Pimpinan Redaksi Jawa Pos A. Rokhim. Acara digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019.

Dalam acara tersebut, Yopi Hidayat mengatakan bahwa minyak memang sangat strategis bahkan super strategis untuk pemerintahan negara. "Tapi, ada satu aspek minya juga sangat erat kaitannya denganberbagai soal," terangnya. 

Sementara itu, Agus Sudibyo mengatakan bahwa wartawan harus bisa menyampaikan informasi yang lebih baik dari apa yang ada. Dan wartawan yang hebat adalah tidak menjadi follower media sosial.

"Fake news dan hoaxs dihadapi dengan jurnalisme yang baik. Sayangnya, wartawan zaman kini memiliki pengetahuan yang lebar tapi tidak mendalam," ungkap Agus.

Agus Sudibyo melanjutkan bahwa fenomena global yang terjadi adalah ketika menyebarkan berita semakin mudah, tapi jurnalis semakin krisis. Yang dimaksud krisis dalam hal ini adalah bukan berkurangnya jumlah media cetak, televisi atau radio. Tetapi krisis  yang terjadi adalah dimana masyarakat secara kolektif kehilangan kemampuan untuk membedakan mana yang berita, spekulasi dan gosip.

"Mana berita yang akuntable, mana yang belum. Sekarang ini, skema ini sudah campur aduk. Wartawan/media yang kredible dan yang tidak kredible, semakin susah dibedakan. Masyarakat juga tidak bisa membedakan mana informasi yang boleh disebarkan, mana yang tidak," ungkapnya. (Era)

 




OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>