Imam Utomo Minta Waktu
Imam Utomo Mantan Gubernur Jatim
By: Wahyu
6 Sept 2016 19:30
 
 
SURABAYA (BM) - Mantan Gubernur Jatim Imam Utomo kembali tidak hadir memenuhi panggilan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Selasa (6/9). Imam Utomo dipanggil sebagai saksi atas kasus dugaan penyalagunaan penjualan 33 aset yang dikelola PT Panca Wira Usaha (PWU).
 
Ketidak hadiran Imam Utomo kali ini ditandai dengan surat meminta izin tidak bisa hadir. "Ada surat yang menerangkan bahwa saksi minta waktu minggu depan, karena  ada pekerjaan yang tak bisa ditinggalkan," ujar Kasi Penkum Kejati Jatim, Romy Arizyanto, kemarin. Terkait rencana pemanggilan ulang atau panggilan ketiga, Romy masih belum bisa menjawab.
 
Pada panggilan pertama, Imam Utomo dijadwalkan dimintai keterangan pada Senin (22/8) lalu. Tetapi, saat itu, mantan Gubernur Jatim itu tidak memenuhi panggilan penyidik Pidsus Kejaksaan tanpa alasan, sehingga penyidik melayangkan panggilan kedua pada selasa (6/9) yang juga tidak dihadirinya.
 
Dalam kasus ini Imam Utomo akan dimintai keterangan terkait kasus PT PWU. Selain Imam, penyidik pidsus Kejaksaan juga mengkoordinasikan perhitungan kerugian keuangan negara ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
Selain Imam utomo,  penyidik juga melakukan pemanggilan kepada beberapa saksi, antara lain Rudi ardiyanto, Ir Basuki, Wahyu Cahyono, Ir Purwanto Hudi. 
 
"Saksi yang dipanggil dalam kasus ini cukup banyak hampir 30an orang," ujar Romy. Puluhan saksi ini terdiri dari orang biasa hingga kalangan intelektual.
 
Adapun pihak-pihak yang dimintai keterangan baik di tingkat penyelidikan dan penyidikan di antaranya, anggota DPD RI Emilia Contessa yang membeli bangunan milik PWU di Banyuwangi, mantan Ketua DPRD Surabaya Wishnu Wardhana (mantan manajer aset PWU) dan bos Maspion Group Alim Markus selaku mantan Komisaris PWU. 
 
Rencananya Dahlan Iskan juga akan dipanggil dalam kasus PT. PWU ini, namun menunggu dirinya yang sedang berada di luar negeri.
Sementara itu sebelumnya, Kasi Penyidikan Dandeni Herdiana menyatakan akan memanggil Mantan Dirut PT. PWU Dahlan Iskan, tetapi menunggu kedatangan Dahlan di Indonesia, dikarenakan masih berada di Amerika.
 
Ditanya terkait pemanggilan untuk mantan Dirut PT PWU yang saat itu dijabat Dahlan Iskan (DI), Dandeni belum tahu pasti akan hal itu. Menurutnya, penyidik masih menunggu  “Untuk DI, yang pasti kita menunggu dia pulang dari luar negeri. Jadi masih belum tahu jadwal pemanggilannya kapan,” ungkapnya.(zal/nii)

Create Account



Log In Your Account