Jika Kasasi Dahlan Ditolak, Kejati Jatim Siap Ajukan PK

Selasa, 14 November 2017  19:43

Jika Kasasi Dahlan Ditolak, Kejati Jatim Siap Ajukan PK

Maruli Hutagalung

SURABAYA (BM) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim telah mengirim memori kasasi atas dibebaskannya Dahlan Iskan, mantan Menteri BUMN oleh Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya beberapa waktu lalu. Jika kasasi ini ditolak Mahkamah Agung (MA), Korp Adhyaksa ini memastikan bakal mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali (PK).

Maruli Hutagalung, Kepala Kejati Jatim mengungkapkan, memori kasasi telah dikirim pihaknya ke MA sejak salinan putusan diterimanya. “Sudah saya kirim (kasasi), coba aja tanya ke Mahkamah Agung. Sudah lama kami kirimkan,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, kini Kejati Jatim tinggal menunggu hasil kasasi yang diajukannya ke MA. Andai kasasi ditolak, Maruli memastikan bahwa Kejati Jatim akan mengajukan upaya hukum PK. “Sekarang masih menunggu hasilnya, kalau ditolak ya kami ajukan Peninjauan Kembali (PK),” tegasnya mantan Kepala Kejati Papua ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengadilan Tipikor Surabaya memvonis Dahlan Iskan dengan hukuman dua tahun penjara. Dalam kasus ini, Dahlan Iskan didakwa terlibat dalam pelepasan aset milik PT PWU yang merupakan perusahaan milik Pemrov Jatim.

Selain itu, Dahlan juga dianggap bertanggungjawab lantaran saat aset PT PWU dilepas, Dahlan Iskan menjabat sebagai Direktur Utamanya. Saat kasus ini bergulir di tingkat banding, Pengadilan Tinggi Surabaya justru mengabulkan banding yang diajukan Dahlan Iskan atas vonis 2 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 2 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>