Kurir Sabu 4 Kilogram Dituntut 20 Tahun Penjara

Rabu, 07 Februari 2018  17:52

Kurir Sabu 4 Kilogram Dituntut 20 Tahun Penjara

Terdakwa Yiska Tanesib, kurir sabu 4 kg (kiri) saat berdiskusi mengenai tuntutan dengan kuasa hukumnya dari LBH Lacak.

SURABAYA (BM) – Terdakwa Yiska Tanesib, anggota sindikat narkotika internasional dituntut 20 tahun penjara. Tuntutan tersebut diajukan karena Yiska dianggap terbukti bersalah lantaran telah menjadi kurir sabu-sabu seberat 4 kg.

 

Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanik Prihandini menyatakan Yiska terbukti telah melanggar pasal pasal 114 ayat 2 jo pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Menuntut pidana selama 20 tahun penjara kepada terdakwa Yiska Tanesib,” ujarnya pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (7/2/2018).

 

Selain hukuman badan, Yiska juga dituntut membayar denda sebesar Rp 20 miliar oleh jaksa Nanik. “Jika tidak bisa membayar denda, maka terdakwa wajib menjalani hukuman pengganti selama 6 bulan kurungan,” tegas jaksa Nanik.

 

Menurut jaksa Nanik, perbuatan Yiska yang telah mengirimkan sabu 4 kg dianggap sama halnya dengan tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sementara hal yang meringankan adalah terdakwa telah menyesali perbuatannya.

 

Atas tuntutan itu, Yiska meminta waktu kepada majelis hakim yang diketuai Hisbullah untuk membuat pembelaan (pledoi). “Saya akan ajukan pembelaan dan akan saya bacakan pada sidabg pekan depan,” kata Yiska kepada majelis hakim Hisbullah.

 

Fariji, kuasa hukum Yiska mengaku puas atas tuntutan 20 tahun penjara yang diajukan jaksa Nanik. Pasalnya, Yiska sudah bisa dipastikan lepas dari tuntutan mati. “Kami puas atas tuntutan jaksa, meski klien kami terbukti membawa sabu 4 kg tapi jaksa tidak menuntut mati. Meski begitu, kami tetap akan mengajukan nota pembelaan pada sidang minggu depan,” katanya usai sidang.

 

Perlu diketahui, Yiska ditangkap anggota Polda Jatim di Hotel Fave Max, Jalan Prenggolan, Surabaya pada 11 Agustus 2017. Saat ditangkap polisi menemukan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 4 kg yang ditaruh di dalam tas ransel miliknya.

 

Penangkapan Yiska sendiri berdasarkan dari informasi dari masyarakat yang menyebutkan akan ada pengiriman narkotika jenis sabu dari Jakarta ke Surabaya dan Bali. Atas dasar itulah, petugas melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil menangkap Yiska. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>