Pelindo III Tak Siap Jawab Gugatan Warga Perak

Senin, 06 Agustus 2018  17:57

Pelindo III Tak Siap Jawab Gugatan Warga Perak

Warga Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Barat berfoto bersama usai mengikuti sidang di PN Surabaya, Senin (6/9).

SURABAYA (BM) - Pasca gagal menemui titik temu pada proses mediasi, sidang gugatan warga Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Barat terhadap Pelindo III akhirnya kembali digelar dengan agenda jawaban. Sayangnya pada sidang kali ini, Pelindo III tak siap memberikan jawaban.

Sidang gugatan yang diajukan warga Perak dimulai sekitar pukul 01.00 WIB di Pengadilan Negeri Surabaya, Senin (6/8/2018). Pada sidang ini, para tergugat menyerahkan berkas jawaban gugatan ke hakim Isjuaedi.

Diawali penyerahan jawaban oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat selaku turut tergugat. Kemudian dilanjut penyerahan jawaban oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya II selaku tergugat I.

Sayangnya pada sidang ini, Pelindo III selaku tergugat II mengaku belum siap menyerahkan jawaban gugatan. “Mohon izin kami minta waktu satu minggu karena jawaban gugatan kami belum siap,” ujar perwakilan Pelindo III kepada hakim Isjuaedi.

Hakim Isjuaedi pun terpaksa memberikan waktu kepada Pelindo III untuk menyiapkan jawabannya. “Baiklah sidang dilanjut pekan depan dengan agenda penyerahan jawaban dari tergugat II (Pelindo III),” kata hakim Isjuaedi sembari menutup sidang.

Sementara itu usai sidang, James Pangaribuan, kuasa hukum warga Perak meminta agar Pelindo III menghormati proses persidangan yang saat ini tengah berjalan. Hal itu diutarakan James menyikapi sikap Pelindo III yang berencana melakukan eksekusi rumah warga Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Barat secara sepihak.

“Seharusnya Pelindo III menghormati adanya proses peradilan yang ada. Kami berharap Pelindo III bisa menghargai itu. Hal itu (eksekusi sepihak) sebagai bentuk arogansi Pelindo. Tapi kami selalu beritikat baik, kami minta agar Pelindo bisa menghargai persidangan ini,” tegas James.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekitar 500 warga Kelurahan Perak Utara dan Kelurahan Perak Barat yang tergabung dalam Forum Perjuangan Warga Perak (FPWP) menggugat Pelindo III. Dalam gugatannya, FPWP meminta agar status tanah yang diklaim milik Pelindo III diberikan kepada warga.

Gugatan tersebut dilakukan karena para warga merasa keberatan dengan sewa lahan yang dilakukan Pelindo III. “Semua hak keperdataan, baik bangunan hingga lahan diklaim milik PT Pelindo III. Padahal, sebagian besar warga sudah punya tanah dan bangunan, sebelum pengenaan sewa lahan pada warga,” terangnya beberapa waktu lalu. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>