Pengedar Sabu Dituntut 3 Tahun Penjara

Senin, 09 April 2018  17:24

Pengedar Sabu Dituntut 3 Tahun Penjara

Suwarno alias Nono (menggunakan kopiah) dan Yudi Komala saat berdiskusi dengan tim kuasa hukumnya.

SURABAYA (BM) – Sidang kasus penyalahgunaan narkotika dengan terdakwa Suwarno alias Nono dan Yudi Komala digelar di PN Surabaya, Senin (9/4). Jaksa Penuntut Umum (JPU) Neldy Denny menuntut kedua terdakwa ini dengan hukuman 3 tahun penjara.

Dalam surat tuntutannya, JPU Neldy menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah menyalahgunakan narkotika jenis sabu untuk digunakan sendiri sesuai pasal 127 ayat 1 UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. “Menuntut masing-masing terdakwa dengan hukuman pidana selama 3 tahun penjara,” ujarnya.

Usai mendengarkan tuntutan yang dibacakan JPU Neldy, kedua terdakwa langsung berdiskusi dengan kuasa hukumnya. Selanjutnya melalui kuasa hukumnya, kedua terdakwa kompak menyatakan untuk mengajukan pembelaan. “Kami akan ajukan pledoi (pembelaan) pada sidang sebelumnya,” kata kuasa hukum kedua terdakwa kepada majelis hakim.

Sementara itu, dalam dakwaan dijelaskan, kasus ini berawal saat anggota Polrestabes Surabaya menangkap Suwarno di rumahnya yang berlokasi di Jalan Praban Wetan II Surabaya. Dari tangan Suwarno, polisi berhasil menyita barang bukti diantaranya, dua klip plastik berisi sabu seberat 0,02 gram dan 0,24 gram, serta pipet berisi sabu dengan berat 1,66 gram. Kepada polis, Suwarno mengaku bahwa barang haram tersebut didapatnya dengan cara membeli dari seseorang yang saat ini berstatus DPO seharga Rp 375 ribu.

Setelah berhasil menangkap Suwarno, polisi lantas terus memburu pelaku lain dalam kasus ini. Polisi kemudian meminta Suwarno untuk memancing Yudi Komala dari persembunyiaanya.

Caranya, polisi meminta agar Suwarno berpura memesan dua paket sabu yang masing memiliki berat 0,20 gram dan 0,24 gram kepada Yudi Komala. Saat Yudi Komala mengantarkan sabu yang dipesan Suwarno, polisi melakukan penyergapan dan penangkapan. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>