Penghitungan Kerugian Negera Korupsi YKP Tak Kunjung Selesai
Didik Farkhan Alisyahdi
By: admin
5 Ags 2019 17:29
 
 

SURABAYA (BM) - Setelah aset Yayasan Kas Pembangunan (YKP) dan PT Yekape diserahkan ke Pemkot Surabaya, penyelidikan kasus tersebut seperti tak kunjung menemui titik terang. Kini penyidik tengah menunggu proses penghitungan kerugian negara oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Didik Farkhan Alisyahdi, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim mengakui kesulitan untuk mempercepat penyidikan kasus dugaan penyalahgunaan aset YKP dan PT Yekape. “Sampai saat ini proses audit masih berlangsung, kami harus menunggu hasil audit yang dilakukan teman-teman di BPKP,” kata Didik Farkhan Alisyahdi saat dikonfirmasi, Senin (5/8/2019).

Meskipun masih menunggu hasil audit, Didik memastikan bahwa penyidikan kasus tersebut akan tetap berjalan. “Karena memang mensrea itu sudah terlihat, hanya saja kami perlu bukti berdasarkan audit dari BPKP,” ucapnya.

Dengan diserahkannya aset tersebut ke Pemkot Surabaya tidak serta merta kasus tersebut akan berhenti. Masalahnya, lanjut Didik, hasil audit tersebut akan menentukan apa saja yang akan dilakukan Kejati Jatim, termasuk untuk mengetahui aset YKP maupun PT Yekape.

Perlu diketahui, kasus dugaan korupsi di YKP sebenarnya merupakan kasus lama. Bahkan pada 2011 silam, DPRD Kota Surabaya sempat membentuk Pansus Hak Angket Pengembalian aset YKP. Salah satu fakta yang terungkap dalam Pansus Hak Angket itu adalah YKP yang merupakan aset Pemkot Surabaya dikabarkan telah dibubarkan dan berubah bentuk menjadi PT YEKAPE pada 1994. 

Awalnya, YKP melakukan pembangunan di atas aset lahan milik Pemkot Surabaya dengan cara menyewa. Dengan demikian, aset lahan yang dibangun tetap milik Pemkot Surabaya. Pengelolaan yang dilakukan YKP terus berkembang hingga akhirnya YKP mampu membeli tanah sendiri untuk dibangun sebuah perumahan. Lantaran yayasan ini bukan lembaga yang berbadan hukum, pengurus YKP ketika itu meregulasi sistem pengelolaannya, akhirnya diputuskan untuk membentuk sebuah PT. (arf/tit)


Create Account



Log In Your Account