Pesta Sabu, Dua Janda Diganjar 4,5 Tahun Penjara

Selasa, 14 November 2017  17:33

Pesta Sabu, Dua Janda Diganjar 4,5 Tahun Penjara

Leny Yunita dan Maulida Fatmawati saat menjalani persidangan di PN Surabaya, Selasa (14/11/2017).

SURABAYA (BM) - Leny Yunita dan Maulida Fatmawati, dua terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis sabu divonis 4,5 tahun penjara. Hakim menyatakan kedua perempuan yang berstatus janda ini terbukti menyimpan sabu seberat 1,14 gram.

Dalam amar putusannya, ketua majelis hakim Maxi Sigarlaki menyatakan, terdakwa bersalah menguasai dan menyimpan narkotika jenis sabu seberat 1,44 gram. Perbuatan terdakwa dianggap bersalah setelah menabrak pasal 112 ayat 1 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Atas dasar itulah, hakim Maxi tanpa ampun langsung menjatuhkan hukuman selama 4,5 tahun penjara kepada kedua terdakwa. “Mengadili, menjatuhkan hukuman selama 4 tahun 6 bulan penjara kepada masing-masing terdakwa,” ujarnya pada persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Selasa (14/11/2017).

Selain hukuman badan, hakim Maxi juga menjatuhkan hukuman denda sebesar Rp 800 juta, subsider dua bulan kurungan terhadap kedua tedakwa. “Jika tidak bisa membayar denda, terdakwa wajib menjalani hukuman subsider dua bulan kurungan,” tegas hakim Maxi.

Perlu diketahui, kasus ini berawal saat anggota Satresnarkoba Polrestabes Surabaya mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai seringnya terjadi penyalahgunaan narkotika jenis sabu di rumah terdakwa Leny Yunita yang beralamat di Jalan Karah, Surabaya. Dari informasi itulah, polisi langsung menggerebek rumah terdakwa Leny. Dari penggerebekan itu ternyata kedua terdakwa tengah asyik pesta sabu.

Saat dilakukan penggeledahan, polisi berhasil menyita sabu dalam pipet kaca dengan berat 1,44 gram, seperangkat alat hisap sabu, dan dua buah plastik klip sisa pakai sabu. Atas perbuatannya kedua terdakwa ini dituntut 6 tahun penjara, oleh jaksa penuntut umum Ali Prakosa. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>