Tiga Mantan Anggota DPRD Jatim Diperiksa Kejaksaan

Senin, 06 Agustus 2018  17:46

Tiga Mantan Anggota DPRD Jatim Diperiksa Kejaksaan

Richard Marpaung

Surabaya (BM) - Penyidik pidana khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim memeriksa tiga mantan anggota DPRD Jatim, Senin (6/8/2018). Ketiganya diperiksa atas kasus dugaan korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM).

Ketiga mantan anggota DPRD Jatim yang diperiksa diantaranya, Ahmad Supiyadi SQ, Lambortus Lovis Wajong, dan Masjkur Hasjim. Tak hanya ketiganya, penyidik juga berencana memeriksa sebanyak 12 mantan anggota DPRD Jatim lainnya.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jatim Richard Marpaung mengatakan, saat ini ketiga mantan anggota DPRD Jatim masih menjalani pemeriksaan. “Benar, saat ini ketiganya masih diperiksa terkait kasus P2SEM,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Saat ditanya status ketiga mantan anggota DPRD Jatim, Richard menyebut ketiga masih berstatus sebagai saksi. “Mereka yang diperiksa statusnya masih saksi,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sunarta, Kepala Kejati (Kajati) Jatim mengatakan, pemanggilan terhadap 15 mantan anggota DPRD Jatim dilakukan untuk mengkroscek keterangan sejumlah saksi yang telah diperiksa Kejati Jatim sebelumnya, salah satunya yaitu dr Bagoes Soelyoadikoesoemo yang merupakan terpidana kasus korupsi P2SEM.

Kasus korupsi P2SEM heboh di Jatim sejak tahun 2009 silam. P2SEM yang merupakan program bantuan dana hibah dari Pemprov Jatim pada 2008 lalu itu ditujukan ke organisasi dan kelompok masyarakat, melalui Bapemas.

Untuk mendapatkan hibah P2SEM, pengaju melewati rekomendasi dari anggota DPRD Jatim saat itu. Dari situlah, diduga ada tindakan sunat-menyunat pada pencairan P2SEM yang melibatkan banyak anggota DPRD Jatim. (arf/tit)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>