Dispendukcapil Maksimalkan Validasi Data Penduduk

Jumat, 03 November 2017  07:13

Dispendukcapil Maksimalkan Validasi Data Penduduk

Rapat validasi Data Kependudukan sebagai upaya memaksimalkan akurasi

Kediri(BM)-Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Diapendukcapil) terus memaksimalkan keakuratan data penduduk di Kota Kediri. Dalam mendapatkan data kependudukan yang valid di setiap ligkungan di wilayahnya, saat ini Dispendukcapil gencar melakukan validasi data dengan dimulai ditingkat bawah.

"Ketersediaan data kependudukan menjadi faktor kunci keberhasilan pelaksanaan program pembangunan. Bahkan dari validasi ini kita menjadi tahu mana warga yang sudah pindah ataupun meninggal hingga warga yang belum memiliki KTP-el," kata Kepala Dispendukcapil Kota Kediri, Ida Indriyati, Kamis (2/11).

Guna mencapai hasil yang memuaskan dalam monitoring, evaluasi, validasi data kependudukan itu,  Dispendukcapil Kota Kediri menggandeng seluruh Rukun Tetangga (RT) ditiap kelurahan. Mereka itu nanti digunakan sebagai tenaga yang akan melaksanakan validasi. "Kami sudah melaksanakan pembekalan terhadap aparatur yang ada di tingkat kecamatan, kelurahan hingga tiap RT," imbuhnya.

Dalam mencapai hasil yang maksimal terhadap data kependudukan tersebut, maka monitoring, evaluasi, validasi data kependudukan dilakukan mulai dari tingkat terendah yaitu RT sampai nanti ke tingkat Pemerintah Daerah. Ia juga menyampaikan, dari data saat ini penduduk di Kota Kediri yang sudah perekaman dan memiliki KTP-el sebanyak 92 persen dan yang belum perekaman sebanyak 8 persen.(bad/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>