KPU Kota Kediri Layani, Santri Pindah Memilih

Selasa, 12 Februari 2019  21:09

KPU Kota Kediri Layani, Santri Pindah Memilih

KPU Kota Kediri saat melayani santri pindah memilih, di Ponpes Lirboyo, Selasa (12/2)

Kediri (BM)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri memberikan pelayanan bagi santri  yang menginginkan pindah memilih pada Pemilu 2019. Dintaranya di Ponpes Lirboyo, Kedunglo dan Wali Barokah Kediri. Bahkan untuk kelancaran proses pindah memilih KPU Kota Kediri langsung jemput bola dengan datang langsung ke -3 Ponpes tersebut, Selasa (12/2) pagi.


Seperti di Ponpes Lirboyo begitu posko pelayanan di buka sekitar pukul 09.00 Wib langsung antri oleh santri yang mengurus pindah memilih.


Komisioner KPU Kota Kediri Anis Iva Permatasari menjelaskan seperti di Ponpes Lirboyo jumlah santri yang mengurus surat pindah memilih sebanyak 4.113 santri. Itu terdiri dari 11 unit pondok.


Wanita yang akrab disapa dengan Anis tersebut juga menjelaskan untuk santri yang mengurus A5 salah satu syaratnya yakni harus sudah terdaftar sebagai pemilih di daerah asalnya. " Untuk membuktikanya santri bisa  dengan menunjukkan screen shot kalau sudah terdaftar sebagai pemilih" ujarnya lebih lanjut.


Untuk pendaftaran  pindah memilih bisa dilakukan secara kolektif akan tetapi untuk pengambilan formulir A5 harus diambil sendiri. “ Oleh karena itu ketika mengambil formulir A5 harus membawa KTP atau KK untuk di cocokkan apakah betul yang pindah memilih adalah yang bersangkutan sendiri,” Imbuhnya.


Sementara bagi santri yang pindah memilih tersebut waktu pemilu juga tidak bisa secara langsung mendapatkan  5 surat suara. Akan tetapi harus disesuaikan dengan daerah pemilihannya. “ Misal saja kalau santri tersebut tinggal di lintas provinsi, ya akhirnya hanya dapat satu surat suara yakni untuk Pilpres saja, sementara untuk pemilihan Calon legeslatif tidak bisa memilih,” jelasnya.


Terakhir dia juga menegaskan kalau, Komisi Pemilihan Umum Kota Kediri tetap berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan meski pun bertatus sebagai kategori pemilh tambahan. " Untuk pemilih tambahan ini, nanti kita sesuaikan hak suaranya dari daerah asal. Kita lihat dimana dapilnya." Pungkasnya.(bad)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>