Pemkab Kediri Kampanyekan Gemar Makan Ikan

Kamis, 11 Oktober 2018  18:40

Pemkab Kediri Kampanyekan Gemar Makan Ikan

Pemkab Kediri kampanyekan pada anak-anak untuk gemar makan ikan

Kediri-Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Kegiatan rutin tiap tahun ini bertempat di Wisata Edukasi Kampung Lele Desa Tales Kecamatan Ngadiluwih (10/10).

Dengan mengambil tema "Makan Ikan Lagi", kegiatan ini diikuti oleh murid Paud, KB (Kelompok Belajar) sebanyak 130 anak se-eks Korcam Ngadiluwih. Sama seperti tahun lalu anak-anak ini mengikuti lomba mewarnai gambar ikan yang bertuliskan "makan ikan lagi".

Lomba mewarnai gambar ikan akan dapat merangsang anak ingin tahu tentang jenis ikan dan manfaatnya bagi masyarakat yang mengkonsumsinya. Dengan didampingi orang tua dan guru anak-anak sangat bersemangat sekali, dan para pendamping juga memberikan penjelasan tentang ikan kepada anak-anak tersebut.

Di tempat lain, para orang tua mengikuti sosialisasi gemar mengkonsumsi ikan yang disampaikan oleh Garlin Yuliastuti dari Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Ia menjelaskan bahwa ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki kandungan gizi tinggi khususnya Omega 3 dan Omega 6 yang berfungsi untuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak. “Dengan mengkonsumsi ikan sejak usia dini, maka kecerdasan anak bisa lebih meningkat,” terangnya.

Ketua Forikan (Forum Peningkakatan Konsumsi makan ikan) Kabupaten Kediri Hj. Rosyida Masykuri pada kesempatan tersebut menyampaikan, hari ini telah dilaksanakan Sosialisasi Gemarikan dalam rangka kampanye makan ikan lagi. “Pada kesempatan ini saya berharap dan menghimbau kepada seluruh masyarakat, jadikan makan ikan itu sebagai kebutuhan, kebiasaan sehari-hari,” katanya.

“Khusus untuk ibu-ibu yang mempunyai anak balita, saya berpesan dalam memberikan bekal untuk anak pergi ke sekolah jangan hanya mie instan dan telor saja karena tidak sehat untuk anak. Membuatnya memang cepat namun tidak berkualitas dari segi gizinya. Dengan makan ikan sangat mendukung tumbuh kembang anak yang menjadikan anak lebih sehat dan cerdas,” lanjut Rosyida.

Menurut Plt. Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid, SPt, MM. pemilihan tema ini bertujuan untuk mengingatkan kepada masyarakat untuk gemar makan ikan, serta membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menyukai serta mengkonsumsi makanan berbahan dasar ikan. Karena ikan mempunyai kandungan gizi yang cukup komplit bagi pertumbuhan maupun perkembangan sel-sel otak utamanya bagi anak. Ikan memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah.

“Setelah kegiatan ini, kami dari Dinas Perikanan akan menindaklanjuti dan memantau dengan datang ke Paud-Paud. Kemudian kami bantu dengan memberikan ikan agar dapat diolah dan digunakan makan siang bagi anak-anak seminggu sekali,” katanya.

“Hal ini untuk menggenjot konsumsi makan ikan di Kabupaten Kediri. Dari data kita, konsumsi makan ikan di masyarakat mencapai 20 Kg/kapita per tahun. Target tahun ini bisa mencapai 21 Kg/kapita per tahun,” ungkap Nur Hafid. (bd)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>