Pemkot Kediri Lakukana Pendidikan Poliik Bagi Pemilih Pemula

Kamis, 15 November 2018  19:49

Pemkot Kediri Lakukana Pendidikan Poliik Bagi Pemilih Pemula

 

Kediri- Sekitar 250 perwakilan pelajar dari tingkat SMU baik negeri maupun swasta serta mahasiswa yang ada di Kota Kediri hadir dalam kegiatan "Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Pemilih Cerdas Dalam Rangka Menghadapi Pilpres Dan Pileg 2019". Acara tersebut digelar oleh pemerintah Kota Kediri melalui Kantor Kesatuan,Bangsa dan Politik(Kesbangpol) di Kelurahan Banjaran Kota Kediri, Kamis (15/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut yang juga selaku narasumber dari anggota Komisioner KPUD Kota Kediri Moch.Wahyudi SE.MM. Selain itu juga hadir dari Polresta Kediri yang diwakili oleh kasat Intelkam AKP Ponidi. Acara tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang politik yang dalam waktu dekat pemerintah secara serentak akan menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 tanggal 17 April mendatang.

Kepala Kesbangpol Kota kediri Tanto Widjohari Spd,SH mnjelaskan pada pelajar dan mahasiswa sebagai pemilih pemula agar sedapatnya bisa menjadi pemilih yang cerdas yang mampu menentukan pilihannya demi kelangsungan bangsa dan negara.

" Selain itu sosialisasi ini bertujuan meminimalisasi angka golput pada pelaksanaan pemilu mendatang agar dalam pelaksanaanya dapat berlangsung secara optimal dengan tetap berpedoman kepada perundang-undangan demi mewujudkan pemilu yang berkwalitas" Ujarnya.

Komisioner KPUD Kota Kediri Wahyudi, mengatakan ada beberapa materi yang perlu diketahui oleh pemilih pemula kali ini. Antara lain terkait proses demokrasi,arti pemilu dan partisipasi,peserta pemilu,pemilih pemula,syarat menjadi pemilih,yang perlu diperhatikan,tanggal-tanggal penting,penulisan nomor bagi daftar capres dan wapres,kampanye,jadwal kampanye,pindah pemilih,draff surat suara dan yang paling penting melindungi hak pilih.

 “ Saya berharap pada pemilih pemula sedapatnya bisa memiliki rasa ingin tahu dan bisa mencoba hal baru dalam dunia politik karena dengan rasa keingin tahuan tersebut akan bisa memberikan suatu perubahan dengan ditambah antusius yang tinggi,kritis,mandiri bisa menciptakan keberhasilan dalam pemilu mendatang" Terngnya.

Sementara itu AKP Ponidi menerangkan terkait karakteristik calon pemimpin yaitu. Diantaranya tipe Negarawan yaitu mengejar kebaikan umum,pemimpin terbaik,termotivasi bukan oleh kepentingan diri sendiri yang kasar melainkan oleh kebaikan umum. Selain itu ada tipe Demagog yaitu mengeksploitasi prasangka public dan pura-pura peduli untuk memperoleh jabatan. Dan beberapa tipe pemimpin lainya. (bad)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

.

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>