Bebas Pasung, Bupati Terima Penghargaan dari Menkes

Kamis, 12 November 2017  23:07

Bebas Pasung, Bupati Terima Penghargaan dari Menkes

Bupati Fadeli setelah menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan di Jakarta International Expo

LAMONGAN(BM)-Bupati Lamongan,  Fadeli dinilai sebagai individu yang berjasa dalam pembangunan bidang kesehatan.  Itu atas komitmennya dalam mewujudkan program Indonesia Bebas Pasung.  Atas komitmen tersebut, Bupati Fadeli menerima tanda penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek di Jakarta International Expo, kemarin. Penghargaan itu diberikan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-53.

Dalam keterangannya, tanda penghargaan tersebut diberikan atas jasa, dukungan dan komitmen dalam pembangunan program kesehatan jiwa masyarakat. Karena jika permasalahan kesehatan jiwa tidak ditanggulangi,akan menurunkan status kesehatan fisik, menurunkan produktivitas kerja, sehingga menghambat pembangunan bangsa.

Bupati Fadeli usai menerima penghargaan itu mengatakan sesungguhnya tidak ada terbersit sedikitpun, upayanya membebaskan yang terpasung akan berakhir dengan raihan penghargaan. “Apa yang kami lakukan ini, bersama teman-teman kesehatan di lapangan, murni demi rasa kemanusiaan. Jika kemudian kami menerima apresiasi dari Ibu Menteri Kesehatan, akan semakin menambah keyakinan kami, bahwa komitmen kami untuk memanusiakan orang dengan ganguan jiwa adalah sesuatu yang benar untuk dilakukan, “ ucap Fadeli.

Disampaikannya, penuntasan bebas pasung itu lebih pada komitmen. Bukan soal teori yang muluk-muluk atau pendanaan yang melimpah. Disebutkan seminggu sekali, bahkan lebih, secara rutin memantau perkembangan program bebas pasung, sejak mulai dicanangkan. Komitmen untuk memanusiakan ODGJ itulah yang menular kepada Dinas Kesehatan sebagai pelaksana. Hingga pada petugas kesehatan jiwa yang rajin menyisir bahkan hingga ke gubuk di tengah hutan.

 “Bidang kesehatan adalah super prioritas bersama bidang pendidikan dan infrastruktur. Karena itu kami secara khusus membangun Puskesmas Karangkembang menjadi berakreditasi paripurna yang setara dengan rumah sakit tipe C. Puskemas ini nantinya kami jadikan sebagai rujukan untuk pasien jiwa, “ katanya menjelaskan.Sukses Lamongan dalam program bebas pasung ini saat ini membuat sejumlah daerah sudah antre untuk belajar dari kisah sukses Lamongan.(kom/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>