BPCB Trowulan Sebut Situs Pataan Diduga Kuat Bangunan Vihara
Kondisi terkini situs Pataan dari hasil Ekskavasi BPCB Trowulan yang ketiga.
By: komari
11 Jul 2019 11:26
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya BPCB Trowulan menduga Situs Pataan di Desa Pataan, Kecamatan Sambeng, Lamongan merupakan bangunan vihara atau tempat suci umat Budha di zaman Kerajaan Airlangga.

 

“Ekskavasi BPCB Trowulan ketiga ini ditemukan  bangunan baru berbentuk stupa. Dan jika melihat hasil ekskavasi hingga saat ini, bangunan Situs Pataan diduga kuat merupakan bangunan vihara atau tempat suci umat Budha” kata Arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho, Rabu (10/7) kemarin.

 

Menurutnya, dugaan tersebut berdasarkan hasil ekskavasi tahun 2018 pada bangunan utama berbentuk persegi yang menghadap ke barat berukuran panjang 18, 88 meter dan Lebar 12, 20 meter, ditemukan beberapa komponen batu yang membentuk lingkaran menyerupai struktur bangunan Stupa.

 

"Terbukti ekskavasi tahun 2019 ini kita membuka bangunan gundukan yang ada di selatan ternyata memang membentuk bangunan stupa," ungkap Wicaksono, panggilan Wicaksono,  Dwi Nugroho.

 

Selain itu, lanjutnya,  di ekskavasi Tahun 2019 ini, Tim juga membuka 11 kotak yang terdapat pada bangunan utama dan mendapati reruntuhan bangunan cukup masif yang diperkirakan runtuh akibat gempa.

 

"Kali ini, pada bangunan utama kita temukan 11 kotak, untuk 1 kotak berukuran 4 x 4, dan mendapati reruntuhan bangunan cukup masif, juga terlihat ada patahan yang sepertinya bangunan ini runtuh karena gempa," tambah Wicaksono.

 

Situs Pataan ini pertama kali dieksavasi pada Tahun 2013,  kemudian ekskavasi kedua tahun 2018 dan eksavasi ketiga tahun 2019, Situs Pataan ini diperkirakan merupakan sebuah komplek pendidikan keagamaan Budha yang dibangun pada abad ke 10 hingga 13 di masa Kerajaan Airlangga.

 

Di awal ekskavasi ditemukan tembok pagar keliling 72 x 71 meter persegi yang dilengkapi dengan pintu gerbang seperti gapura bentar. Dan eksavasi kedua pada Tahun 2018 ditemukan bangunan utama berbentuk persegi yang menghadap ke barat berukuran panjang 18, 88 meter dan lebar 12, 20 meter. ()


Create Account



Log In Your Account