Brigjen Pol Mamboyng Sebut Senyum, Sapa, Saling Kenal Dan Saling Menghargai Mampu Jaga Keutuhan NKRI
Sekretaris Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam, Brigjen Pol Mamboyng Saat Foto Bersama Dengan Sejumlah Peserta Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara.
By: komari
21 Sept 2019 17:23
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Diantara prilaku  4S  yang mampu menciptakan keutuhan bangsa Indonesia yaitu senyum, sapa, saling mengenal dan saling menghargai sesama.

Demikian dikatakan Sekretaris Deputi VI/Kesbang Kemenko Polhukam, Brigjen Pol Mamboyng saat menggelar  sosialisasi wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Gedung SKJ Polres Lamongan, kemarin.

"Masalahnya, saat ini ada keterpengaruhan masyarakat terhadap perkembangan berita medsos yang penuh hoax, termasuk pengaruh lewat" terang Brigjen Pol Mamboyng di hadapan undangan.

Menurutnya, Indonesia ini negara yang damai, maka jangan sampai diganggu atau sehingga mempengarui kedamaian tersebut.

“Peradaban senyum, sapa, saling mengenal dan saling menghargai harus selalu dikembangkan karena itu adalah ciri khas bangsa Indonesia dan agar bangsa ini utuh. Selain itu Pancasila adalah ideologi Indonesia, jangankan diganti, ditawar saja tidak boleh” ungkapnya.

Pancasila, tegasnya, sebagai ideologi bangsa mengayomi semua anak bangsa siapapun mereka. Indonesai bukan negara agama, tapi negara beragama. 

Maka negara ini harus dirawat dan selalu dijaga agar tetap berdiri tegak. Dan penguatan moral kebangsaan harus diterus dilakukan.

“Bela negara juga harus dijalankan dan bagaimana komitmen anak bangsa dengan landasan Pancasila. Multi kultur harus menjadi alat pemersatu. Indonesia lahir dari sebuah perjuangan besar dan berat oleh para pendahulu” papar Brigjen Pol Mamboyng.

Pancasila pada sila ketiga adalah sumber kekuatan bangsa Indonesia. Berbeda - beda tapi bersatu, Bhineka Tunggal Ika, menyatukan semua suku bangsa. 

"Dan dengan bersatu, bisa menjaga musyawarah dan dialog demi menciptakan persatuan. Setiap anak bangsa harus bersatu supaya bisa menciptakan ide - ide segar” punkas  Sekretaris Deputi VI/ Kesbang Kemenko Polhukam, Brigjen Pol Mamboyng.

Selain dihadiri pejabat Polres Lamongan, sosialisasi wawasan Kebangsaan dan Bela Negara di Gedung SKJ Polres Lamongan tersebut juga dihadiri sejumlah mahasiswa dari IMM, HMI, GMNI, PMI dan dari sejumlah elemen masyarakat. ()


Create Account



Log In Your Account