Cegah Surat Suara Palsu, KPU Lamongan Buat Stempel Per-TPS

Minggu, 24 Juni 2018  15:58

Cegah Surat Suara Palsu, KPU Lamongan Buat Stempel Per-TPS

Simulasi Pilgub di Desa Tenggulun Kecamatan Solokuro Lamongan yang disenggarakan KPU Jatim.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten  Lamongan terus berupaya agar pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim berjalan sukses dan tanpa kecurangan. Upaya tersebut diantaranya  pihak KPU membuat stempel untuk surat surat berbasis Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencegah surat suara palsu.

“Seluruh kertas suara di stempel di masing-masing TPS, untuk mengantisipasi surat suara palsu, kemudian baru dibagikan saat pemilih hendak memasuki ruang TPS untuk menentukan pilihanya” kata  Devisi SDM dan Parmas KPU Lamongan,  M. Fatkhur Rohman, Minggu (24/6) siang.

Ini, tegas Fatkhur, panggilan M. Fatkhur Rohman, langka yang strategis untuk mencegah pemalsuan kertas suara mengingat oknum-oknum nakal yang hendak mencurangi pilgub tidak memiliki waktu untuk melakukan pemalsuan.

“Meski demikian, petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) diharap juga terus waspada untuk memeriksa suara yang hendak diserahkan ke warga yang hendak memilih” kata Fatkhur berharap.

Di sisi lain  menjelang hari tenang pelaksaanaan Pilgub ini, Panitia Pangawas Pemilu (Panwaslu) Lamongan dan KPU setempat bersama Satuan Polisi Pamong Praja Pemkab Lamongan (24/6) membersihkan seluruh spanduk, umbul-umbul dan atribut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

“Penertiban spanduk dan poster tersebut kita lakukan di seluruh wilayah Kabupatan Lamongan. Ini sesuai sesuai dengan aturan, dimana di hari tenang pelaksanaan pemilihan, atribut spanduk dan poster harus steril” Ketua Panwaslu Lamongan, Toni, Wijaya, Minggu (24/6) siang.

Tim penertiban, lanjut Toni, kita bagi di seluruh kecamatan dibawa kordinasi  Pawancam masing-masing. Hal ini untuk sebagai solusi mengingat wilayah Lamongan sangat luas terdiri 27 Kecamatan.

“Kita target hingga Minggu (24/6) malam, seluruh spanduk dan poster yang terpasang di sepanjang jalan di wilayah Lamonga  harus bersih” ungkap Toni, panggilan Toni Wijaya serius. (kom)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>