DD Jadi Stimulus Percepatan Ekonomi Desa

Jumat, 20 Oktober 2017  05:09

DD Jadi Stimulus Percepatan Ekonomi Desa

Program Prioritas Dana Desa Kementerian Desa disosialisasikan.

LAMONGAN(BM)-Dana Desa (DD) bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dasar desa, tapi juga menjadi stimulus untuk percepatan pertumbuhan ekonomi desa. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamongan,H.Khusnul Yakin,Msi, Kamis (19/10).  Menurutnya, Kepala Desa dan Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) se Kabupaten Lamongan yang mengukuti   Sosialisasi Program Prioritas Dana Desa Kementerian Desa yang dimulai Kamis (19/10) di Ruang Pertemuan Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamongan.

Ini dimaksudkan agar dapat memahami dan menerapkan program pemerintahan di desanya masing-masing sehingga mampu menciptakan percepatan pengembangan pertumbuhan ekonomi desa."Tahun depan kita fokus pembetdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, dan semoga dengan DD dapat terwujud percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama daerah pinggiran,"terangnya.

Khusnul Yakin   menjelaskan, tahun 2018 mendatang,  pemerintah fokus pada empat program prioritas untuk mengurangi laju urbanisasi, yaitu menentukan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), mengembangkan Badan Usaha Milik Desa/Nagari (BUMDes/Nag), membuat Embung Air Desa dan membuat Sarana Olahraga Desa.

 Sosialisasi Program Prioritas Dana Desa, Kementerian Desa sendiri digelar di Ruang pertemuan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lamongan dan laksanakan 3 Nopember mendatang .  Pada kesempatan itu, bertindak sebagai narasumber Abdul Muis (Perpajakan), Abd Somad(pendamping Ahli) dan Amrih (Bidang Teknologi Tepat Guns). Dan diikuti  Kepala Desa dan Ketua BPD, se-Kabupaten Lamongan..

Tahun depan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Lamongan fokus pemberdayaan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, serta  dengan DD dapat terwujud percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama daerah pinggiran. Sosialisasi tersebut mengundang Kades dan BPD se-Lamongan diharapkan pembangunan tepat sasaran karena Kades dan BPD mengetahui secara detail  kebutuhan di desanya demi untuk kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan.(kom/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>