Hadapi Pilgub, Panwaslu Lantik 472 PPL

Kamis, 18 Januari 2018  23:13

Hadapi Pilgub, Panwaslu Lantik 472 PPL

Proses pelantikan sebanyak 472 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) diPendopo Lokatantra, Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN (BM)- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Lamongan melantik sebanyak  472 Panitia Pengawas Lapangan (PPL) yang akan ditugaskan untuk melakukan pengawasan di dalam  pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur mendatang.

“PPL itu merupakan pengawas di tingkat desa yang akan bertugas pada pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Timur mendatang” kata Ketua Panwaslu Kabupaten Lamongan, Tony Wijaya, sesaat setelah pelantikan PPL di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Kamis (18/1). Menurutnya, para PPL ini setelah dilantik langsung bekerja hingga enam bulan kedepan atau selama  pelaksanaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur  Jawa Timur mendatang. PPL tersebut akan menerima honor/gaji setiap bulannya.
“Sebelum dilantik, para PPL tersebut mengikuti proses seleksi bersama pendaftar lainya yang dilakukan  Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam beberapa waktu lalu” ungkap Tony, panggilan Tony Wijaya.
Sedangkan, lanjut Tony, materi yang ujikan saat seleksi adalah materi penguasaan materi dan strategi pengawasan pemilu, sistem hukum, sistem politik serta peraturan perundang-undangan pemilu, integritas diri, komitmen, motivasi serta kemampuan berkomukasi secara tim.
Usai lantik, sebanyak  472 Panitia Pengawas Lapangan tersebut langsung mengikuti pembelakan, diantara materinya adalah tugas dan kewenangan PPL, sedangkan pematerinya dari pihak Panwaslu Lamongan sendiri.
Bupati Lamongan Fadeli dalam pelantikan PPL tersebut berpesan kepada PPL agar mengawal pelaksanaan Pilgub dan Wagub Jatim Tahun 2018 dengan baik. “Setelah Pilgub dan Wagub Jatim 2018 di tahun 2019 mendatang juga akan dilaksanakan pemilihan legislatif serta presiden dan wakil Presiden. PPL wajib mengawal pelaksanaan pesta demokrasi tersebut agar berjalan aman dan lancar, pada setiap tahapannya,”pesan Fadeli yang juga nantinya PPL  turut membimbing dan mensosialisasikan tahapan pemilu kepada para pemilih pemula, karena tidak sedikit pemilih pemula yang baru melakukan pemilihan di Pilgub dan Wagub Jatim pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.
Di tempat yang sama juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Lamongan antara Ketua Panwaslu, Kapolres dan Kajari Lamongan.  MoU tersebut untuk mewujudkan kerjasama dan sinergitas dalam rangka Sentra Gakkumdu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Jawa Timur Tahun 2018.(kom/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>