Hindari Bacaleg Bermasalah, KPU Berharap Parpol Selektif

Rabu, 11 Juli 2018  16:02

Hindari Bacaleg Bermasalah, KPU Berharap Parpol Selektif

Sosialiasasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan DPRD, DPR, dan DPD oleh KPU Lamongan.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)-Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Lamongan berharap Partai Politik selektif dalam memilih bakal calon legistaltif atau Bacalegnya sebelum didaftarkan ke KPU. Hal tersebut sebagai upaya untuk menghindari  adanya BaCaleg yang pernah bermasalah dengan hukum, terutama mantan narapidana korupsi, seperti yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pencalonan DPRD, DPR, dan DPD yang telah resmi diterbitkan.

 

Hal tersebut disampaikan Divisi Teknis KPU Lamongan, Nur Salam saat Sosialisasi PKPU 20 dan rapat koordinasi mekanisme pendaftaran caleg, di Kantor KPU, kemarin.

 

“ Di PKPU 20 yang telah disahkan Kemenkum HAM tersebut, syarat Caleg yang tidak pernah dipidana karena menjadi bandar narkoba, kejahatan seksual pada anak, dan terpidana korupsi, merupakan domain partai. Makanya Partai harus selektif dalam menentukan Bacalegnya” kata Nursalam pada sejumlah awak media.

 

Sehingga, lanjutnya,  sebaiknya Partai Politik melakukan seleksi calon di internal sebelum para Bacalegnya tersebut didaftarkan ke KPU.

 

KPU Lamongan sendiri akan melakukan tahapan uji publik terkait setelah  mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS). Apabila dalam uji publik tersebut ada laporan masyarakat bahwa ada Caleg yang pernah bermasalah dengan hukum, maka KPU akan langsung melakukan langka tegas, termasuk akan mencoret nama bacaleg yang bermasalah tersebut. 

 

“Sesuai dengan mekanisme di KPU dan dijelaskan di petunjuk teknis SK-876” ungkap Nursalam menegaskan.

 

Di sisi lain, hingga Hari Rabu (11/7) ini, belum ada satupun Caleg yang didaftarkan Partai Politik ke KPU Lamongan, padahal pemdaftaran caleg tersebut sudah dibuka beberap hari yang lalu.()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>