Ingin Duduk di Kursi Dewan, Sejumlah Kades dan Pamong Nyaleg

Jumat, 10 Agustus 2018  12:53

Ingin Duduk di Kursi Dewan, Sejumlah Kades dan Pamong Nyaleg

KPU Lamongan saat pendaftaran Bacaleg beberapa waktu yang lalu.

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Sejumlah Kepala Desa (Kades) dan pamong desa di Kabupaten Lamongan turut menjadi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk merebut kursi di DPRD Lamongan pada pemilu mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Imam Ghozali, menjelaskan Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa tersebut sudah melengkapi surat pengunduran diri untuk maju sebagai bacaleg.

“Intinya mereka sudah memenui persyaratan sebagai bacaleg, termasuk pengunduruan dirinya sebagai perangkat di Pemdesnya masing-masing” kata Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali, Jum’at (10/8) siang.

Sementara itu, menurut data yang dimiliki Panitia Pengawas Pemilu  (Panwaslu) Kabupaten Lamongan, terdapat 4 Kepala Desa (Kades) dan seorang pamong desa yang turut menjadi bacaleg.  

“Dari data yang kami himpun ada 4    Kades dan seorang pamong desa   yang mendaftar sebagai bacaleg. Data tersebut berdasar rekap status Bacaleg 2019 sesuai dengan keterangan KTP elektronik dan silkon” jelas Ketua Panwaslu Kabupaten Lamongan, Tony Wijaya.

Dan, lanjutnya, sesuai dengan PKPU Nomer 20/2018 telah diatur bahwa para Kades dan pamong desa tersebut harus mengundurkan diri.

Di sisi lain, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemkab Lamongan, Abdul Khowi MM, memaparkan saat ini pihaknya sedang melakukan proses pemberhentian terhadap Kades dan Pamong desa yang nyaleg tersebut.

“Ini sedang proses pemberhentian karena yang bersangkuta telah mengajukan pengunduran diri. Selanjutnya pelayanan masyarakat dikendalikan oleh Plt Kades, Sekdes atau perangkat desa lainya yang ditunjuk  mengingat pelayanan masyarakat tidak boleh berhenti atau tersendat” ungkap Abdul Khowi MM.

KPU Lamongan saat ini  terkait proses pileg sedang melakukan tahap penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) selanjutnya akan diumumkan.

“InsyaAllah   Jum’at (10/8) kita mengundang parpol untuk persetujuan penetapan DCS  tersebut yang kemudian diumumkan untuk mendapat tanggapan publik” pungkas Devisi Tehnis KPU Lamongan, Nur Salam beberapa hari lalu. ()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>