Inspektorat Tegaskan Penggunaan DD Harus Sesuai RAB

Rabu, 11 Juli 2018  14:19

Inspektorat Tegaskan Penggunaan DD Harus Sesuai RAB

Kepala Inspektorat Kabupaten Lamongan Drs.H.Agus Suyanto,MM

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Kepala  Inspektorat Kabupaten Lamongan, Drs.H.Agus Suyanto,MM  menegaskan penggunaan Dana Desa (DD) yang turun ke desa-desa harus sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sebelumnya telah  diputuskan oleh Pemerintah Desa.

 

“Kepala Desa harus paham terkait aturan ini, sehingga penggunaan Dana Desa (DD) tidak menyalahi aturan. Intinya penggunaan DD itu harus Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang sebelumnya telah  diputuskan oleh Pemerintah Desa” kata Drs.H.Agus Suyanto,MM , Rabu (11/7) siang.

 

Menurutnya, dipastikan tidak akan ada persolaan, termasuk tidak akan muncul  persoalan hukum jika Kepala Desa selalu menggunakan DD  sesuai pedoman pengguna Dana Desa (DD).

 

“Inspektorat sebenarnya sudah berulang kali melakukan pengarahan dan himbauan terhadap kepala desa se-Kabupaten Lamongan terkait DD ini” ungkap Agus Suyanto yang juga menjelaskan pihaknya selain melakukan pengarahan, juga melakukan pengawasan dan pembinaan terkait penggunaan DD.

 

Pencarian Dana Desa (DD) di Lamongan sendiri saat ini sudah pada  pencairan dan penggunaan tahap dua yaitu 40 persen.

 

Seperti diketahui pada beberapa bulan lalu,  Bupati Lamongan, Fadeli menyebutkan Tahun 2018 ini Dana Desa  (DD) di Lamongan  dari pemerintah pusat sebesar Rp 321.349.755.000.  Jumlah tersebut turun dari tahun 2017 yang sejumlah Rp 363.423.524.000.

 

“Penurunannya yang cukup signifikan tersebut dikarenakan penambahan variabel afirmasi dalam formula perhitungan. Padahal selama ini kucuran Dana Desa tersebut ikut berperan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lamongan, “ keluh  Fadeli waktu itu. (kom)

 

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>