Kawasan Tanaman Jagung Diperluas, Kebutuhan Benih Meningkat

Rabu, 25 Januari 2017  19:41

Kawasan Tanaman Jagung Diperluas, Kebutuhan Benih Meningkat

Panen raya tanaman jagung yang dikelola secara modern di Desa Banyubang Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan berhasil

LAMONGAN(BM)-Bupati Lamongan Fadeli berencana memperluasan kawasan penanaman jagung di Kecamatan Lain. Hal ini sebagai tindak lanjut setelah kawasan tanaman Jagung di Lamongan  yang dikelola secara modern sukses  dengan hasil panen  lebih dari 10 ton per hektar.  Kondisi ini secara otomatis berdampak pada kebutuhan benih Jagung Hibrida yang dipastikan meningkat.
 
“Kawasan pertanian jagung modern yang semula hanya di area percontohan di Desa Banyubang Kecamatan Solokuro akan  diperluas menjadi  10 ribu hektar yang tersebar di 12 kecamatan di wilayah Lamongan. Karena hasilnnya sudah tidak diragukan lagi” kata Fadeli serius. 
 
Maka itu, lanjut orang nomer satu di Pemkab Lamongan,  Kementerian Pertanian Republik Indonesia  (Kementan RI) menjamin akan bisa memenuhi berapapun benih jagung hibrida yang dibutuhkan Kabupaten Lamongan.
 
Sementara itu Direktur Serealia di Dirjen Tanaman Pangan Kementerian RI, Nandang Sunandar, saat berkunjung di area Tanaman Jagung Modern di Desa Banyubang Kecamatan Solukuro Lamongan, kemarin, menjanjikan akan memenuhi permintaan Bupati Lamongan tersebut. 
 
 Pilot project kawasan tanaman Jagung di Desa Banyubang Kecamatan Solokuro di Lamongan  yang dikelola secara modern hasil panennya melampau batas yang ditargetkan, yakni mencapai 10,5 ton perhektarnya, padahal saat tanaman 1 hektar lahan pertanian ditargetkan  menghasilkan 10 ton jagung.
 
Terkait pangsa pasar Jagung, warga Lamongan tidak perlu risau karena Perwakilan Gabungan Perusahaan Makanan Ternak Komisariat Jawa Timur Heri Setiawan menyatakan kesanggupannya untuk membeli berapapun jagung dari Kabupaten Lamongan.
 
"Kebutuhan jagung untuk pembuatan pakan ternak mencapai 3 juta ton per tahun, atau setara 500 ribu ton setiap bulannya," ujar Heri.(kom/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>