Kembangkan Koperasi, Dinas Koperasi Dan UMK Gelar Bimtek Susun Administrasi
Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Lamongan,Agus Suyanto Saat Membuka Bimtek Penyusunan Administrasi.
By: komari
25 Feb 2020 16:37
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)- Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Lamongan terus memacu perkembangan koperasi di Lamongan. Dan salah satu upaya tersebut adalah dengan menggelar Bimtek penyusunan administrasi.

“Bimtek penyusunan administrasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan Kelembagaan Koperasi dengan tujuan agar koperasi yang dikelola dapat sehat kuat, mandiri, tangguh dan terpercaya” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lamongan,Agus Suyanto, Selasa (25/2).

Berdasarkan data  Dinkop dan UMK Lamongan di Lamongan terdapat sebanyak 1.291. Dari jumlah itu sebanyak  154 Koperasi dinyatakan tidak sehat baik secara finansial maupun organisasi.

“Sebanyak 100 koperasi diantaranya beroperasi di bidang Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Koperasi karyawan atau KPRI sejumlah50 lebih, KUD sebanyak 29, dan Koperasi Syariah BMT sebanyak 220 Koperasi” terang Agus.

Menurutnya, koperasi yang cepet berkembang  dan asetnya lumayan  besar diantarnya adalah Koperasi Wanita (Kopwan).

“Kopwan ini pada tahun 2009 lalu diberi bantuan hibah Rp 25 juta setiap Koperasinya, dari uang itu dikelola dan sampai sekarang ini sudah berkembang lumayan besar” paparnya.

Saat ini Diskop UKM Lamongan juga telah meggandeng organisasi kepemudaan di Lamongan untuk mendorong mereka agar bisa mendirikan Koperasi untuk keberlangsungan organisasi. 

Initnya sosialisasi kepada masyarakat akan pengetahuan Koperasi, yang selama ini sebagian masih menggangap negatif. Diskop UKM Lamongan mengajak masyarakat untuk mendirikan koperasi yang bisa memberikan manfaat tidak hanya anggota tapi masyarakat pada umumnya. ()         


Create Account



Log In Your Account