Paska Putusan MK, KPU Lamongan Akan Tambah Anggota PPK

Kamis, 15 November 2018  15:48

Paska Putusan MK, KPU Lamongan Akan Tambah Anggota PPK

Anggota KPU Kabupaten Lamongan divisi SDM dan Parmas, MH. Fatkhur Rohman

Repoter: Komari S Praja
LAMONGAN (BM)-Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang penambahan jumlah anggota Panitia Pemilu Kecamatan (PPK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan melakukan verifikasi dan wawancara untuk pemenuhan anggota PPK untuk Pemilu 2019

 

Menurut Anggota KPU Kabupaten Lamongan divisi SDM dan Parmas, MH. Fatkhur Rohman, dari putusan MK itu tugas PPK kedepan akan terbantukan dengan adanya penambahan anggota PPK.

 

“Sehingga pelaksanaan pemilu kedepan juga semakin optimal karena  kedepan beban PPK juga akan terbantukan dengan adanya penambahan 2 jumlah anggota baru walau sebenarnya PPK yang sekarang tidak merasa terbebani walaupun jumlahnya 3 orang karena memiliki pengalaman sebagai penyelenggara di Pemilu atau Pilkada Jatim yang lalu” kata MH. Fatkhur Rohman, Kamis (15/11) sore.

 

Penambahan anggota PPK ini secara teknis telah diatur melalui SE KPU RI nomor 1373/PP.05-SD/01/KPU/XI/2018 tentang Proses Penambahan Jumlah anggota PPK pada Pemilu 2019 pasca putusan Mahkamah Konstitusi nomor 31/PUU-XVI/2018 yang kemudian dalam tahapannya dilaksanakan sejak tanggal 10 November 2018 sampai dengan 20 November 2018.

 

“Dalam waktu sepuluh hari kedepan KPU Kabupaten Lamongan sudah menyusun tahapan rekruitmen penambahan jumlah PPK dengan mempersiapkan pembuatan keputusan, verifikasi terhadap calon anggota PPK hasil rekruitmen pada Pilkada tahun 2018/Pilgub Jatim” jelas Fathur, panggilan MH. Fatkhur Rohman.

 

Menurutnya, penetapan calon anggota PPK hasil verifikasi, wawancara calon anggota PPK akan dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Lamongan pada  Sabtu (17/1) hingga Senin (19/11) mendatang.

 

“Kemudian akan ditetapkan serta diumumkan 2 orang anggota terpilih yaitu pada Selasa (20/11) mendatang. Selanjutnya akan dilantik pada tanggal 2 Januari 2019 mendatang” papar Fathur.

 

 Ada beberapa tahapan yang akan dilakukan dalam proses verifikasi terhadap 2 (dua) orang anggota PPK penyelenggara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018 yang tidak terpilih pada tahapan evaluasi anggota PPK untuk Penyelenggaraan Pemilu tahun 2019.

 

Adapun verifikasi yang dilakukan KPU Lamongan dalam menindaklanjuti surat SE KPU RI tersebut dengan melakukan validasi data calon anggota PPK Pemilu dengan memastikan bahwa mereka tidak menjadi pengurus atau anggota Partai Politik, tidak pernah menjadi tim kampanye pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Tahun 2018, Tim Kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden serta Tim Kampanye Calon Anggota DPR, DPRD dan DPD pada Pemilu tahun 2019. ()

 

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>