Peduli Sesama, Seorang Warga Lamongan Membuat Kaki Palsu Dan Dibagi Secara Gratis
Sholikin, Pembuat Kali Palsu Dan Diberikan Secara Gratis Bagi Yang Membutuhkan
By: komari
16 Okt 2019 15:42
 
 

Reporter: Komari S Praja 

LAMONGAN (BM)- Sholikin, warga Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, memang hebat. Meski memiliki keterbasan secara fisik, namun dia terus membantu warga lain dengan memberikan kaki palsu secara gratis bagi yang membutuhkan.

Dan kaki palsu yang diberikan secara suka rela tersebut merupakan hasil karya Sholikin sendiri.  “Sudah belasan kaki palsu yang sudah saya buat dan diberikan pada yang membutuhkan, terutama bagi warga kurang mampu., yang kebanyakan memang adalah orang tak mampu," kata Sholikin, kemarin.

Menurut warga Brengkok berumur 64 tahun itu, keahlian membuat kaki palsu tersebut  didapatkan sekitar 10 tahun yang lalu, saat itu  masih bekerja sebagai pencari batu gunung.

“Saat kita saya mengalami kecelakaan kerja, sehingga kaki kanan patah. Saya berhenti bekerja dan membeli kaki palsu di Solo agar bisa berjalan seperti biasanya," tutur Sholikin.

Tapi, lanjutnya, kaki palsu yang dibeli di Solo tersebut ternyata kurang pas dengan ukuran kakinya, akibatnya sakit bila dipaksa dipakai. Dan dari kondisi tersebut, akhir terpaksa diperbaiki sendiri. 

“Selain memperbaiki  kaki palsu, kita  juga mempelajari bagaimana cara membuat maupun bahan yang digunakan kaki palsu," ungkap Sholikin.

Hasil dari  belajar mengamati kaki palsu dai Solo tersebut, Sholikin kemudian praktik membuat kaki palsu dengan menggunakan bahan pipa paralon dan pipa almunium. 

“Proses awalnya adalah pipa paralon dipanasi dengan kompor, kemudian dibentuk sesuai dengan ukuran. Teknik pembuatannya juga serba manual tanpa bantuan mesin” urai Sholikin.

Dan orang yang pertama dibuatkan kaki palsu dengan tehnik sederhana itu adalah teman seprofesi saat di Tuban.

“Dan selanjutnya  seringembuatkan kaki palsu untuk orang-orang yang memesan. Meski demikian kita tidak memungut biaya sedikitpun untuk setiap pembuatan kaki palsu” paparnya yang juga mengaku bersyukur bisa membantu membuatkan kaki palsu buat orang lain yang membutuhkan.

Secara terpisah, Marsono, menjelaskan dirinya sudah memakai kaki palsu buatan Sholikin sejak tahun 1999 lalu. 

“Alhamdulillah, kaki palsu buatan Pak Sholikin pas buat saya” pungkas Marsono. (kom)


Create Account



Log In Your Account