Pemkab Lamongan Anggarkan 36 Miliyar Untuk Pencegahan Dan Penanganan Virus Corona
Bupati Lamongan, Fadeli (memakai Rompi) Saat Kordinasi Dalam Penyemprotan Desinfektan Untuk Cegah Corona
By: komari
6 Apr 2020 12:42
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Pemkab Lamongan benar-benar serius dalam menangani merebaknya virus corona, bahkan dianggarkan sebesar Rp 36 miliyar untuk penanganan Covid 19 tersebut.

“Dalam hal ini dianggarkan sebesar Rp 36 miliyar yang diambilkan dari APBD” kata Bupati Lamongan, Fadeli pada sejumlah awak media.

Anggaran tersebut, tegasnya, khusus untuk bidang kesehatan dalam pencegahan dan penanganan virus Corona di Lamongan. Misalnya untuk pembelian alat tes dari Korea serta pengadaaan bahan-bahan untuk pencegahan lainya.

“Dan semua kegiatan yang ada urusanya dengan Corona” ungkap Fadeli

Seperti diketahui, dalam penangganan Virus Corona ini telah dilakukan realokasi dan refokus anggaran. Dan atas upaya tersebutmendapat dukungan dari Komisi D dansejumlah fraksi di DPRD.

“Kita tidak hanya memantau terkait anggaran yang digunakan untuk mencegahan dan penangganan Corona, bahkan kita juga  menfasilitasi pergeseran alokasi anggaran untuk penanganan covid 19 itu”terang anggota Komisi D, Saefudin Zuhri.

Dukungan tersebut juga datang Partai Golkar Lamongan, bahkan Katua Partai Golkar Lamongan, Kacung Purwanto, mengatakan seluruh kader Golkar yang saat ini duduk di kursi DPRD Lamongan agar mendukung upaya  Pemkab, karena hal tersebut demi kepentingan dan ketenangan masyarakat Lamongan.

Sebelumya dukungan juga datang dari FPDIP. Wakil Ketua DPRD Lamongan dari PDIP Lamongan, Darwoto, menegaskan  perlawanan terhadap virus corona harus diseriusi karena  mengingat virus tersebut mengancam kehidupan.

“Keseriusan tersebut diantaranya telah dilakukan Fraksi PDIP yang mendorong agar anggaran perjalanan dinas masing-masing personil anggota DPRD Lamongan untuk kegiatan penanganan pencegahan virus tersebut” kata Darwoto.

Hal tersebut, lanjutnya, di saat ini penanganan dan pencegahan tersebut adalah yang paling prioritas. Pencegahan Corona adalah menyangkut kemanusiaan, dan saat ini, itu adalah yang paling prioritas.

“Usulan pengalihan anggaran perjalanan dinas  ini bisa membantu penanganan COVID-19 di Lamongan. Anggaran yang dialihkan tersebut diantaranya bisa digunakan untuk membeli logistik penanganan COVID-19 yang saat ini dibutuhkan oleh rumah sakit yang ada di Lamongan” jelas Darwoto beberapa waktu lalu. (kom)


Create Account



Log In Your Account