Putus Mata Rantai Virus Corona, Desa Pucangro Semprotkan Desinfektan Ke Rumah Warga
Proses Penyembrotan Desinfektan Di Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah Lamongan
By: komari
6 Apr 2020 14:16
 
 

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Pemerintah Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan melakukan penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga sebagai upaya untuk mencegah atau memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Kades Pucangro, Zuli Kasmawanto, S.Ip, M.Ip, upaya tersebut adalah agar masyarakat  merasa tenang. “Ini adalah upaya kami untuk melakukan pencegahan di desa kami” kata Zuli Kasmawanto,

Menurutnya, status Lamongan sudah menjadi zona merah terkait covid-19, Maka untuk membantu pemerintah, pihaknya menyarankan seluruh warga Pucangro agar selalu gunakan masker yang telah dibagikan apabila keluar rumah.

Zuli Kasmawanto juga sekaligus mengajak kepada masyarakat agar selalu menjalankan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) dengan cara rajin mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun serta perbanyak makanan bernutrisi dan mengandung vitamin C. 

“Kami juga mensosialisasikan kepada masyarakat tentang anjuran atau himbauan dari Pemerintah dengan cara pembatasan sosial atau sosial distancing, serta melakukan aktivitasnya di dalam rumah masing-masing atau stay at home”,jelasnya.

Zuli Kasmawanto juga memaparkan saat ini  bukan saatnya menyalahkan dan menghujat Pemerintah karena ini merupakan pandemi covid-19. 

“Maka perlu adanya kerjasama semua pihak. Apa kita semua tidak kasihan dengan petugas medis dan dokter yang telah dikarantina untuk memperjuangkan nyawa seseorang yang terpapar virus tersebut”, bebernya.

Oleh karena itu, lanjutnya, sudah saatnya masyarakat bantu pemerintah dengan menjaga jarak (physical distancing), menunda seluruh kegiatan yang mengumpulkan massa untuk mencegah penyebarannya. Dan berjemur dibawah sinar matahari pukul 10.00 WIB selama 15 menit sebagai upaya mandiri memperkuat ketahanan tubuh.

“Sedangkan bagi para pendatang yang pulang dari luar kota atau perantauan utamanya zona merah harus di isolasi. Minimal harus mengisolasi” pungkasnya. (kom)


Create Account



Log In Your Account