Sambut Hari Kartini,FKRJ Gelar Periksa Kesehatan Ibu Gratis

Kamis, 19 April 2018  14:49

Sambut Hari Kartini,FKRJ Gelar Periksa Kesehatan Ibu Gratis

Tim Kesehatan dari Stikes Kendedes Malang saat pemeriksaan kesehetan ibu-ibu.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)- Menyambut peringkatan Hari Kartini, Forum Komunikasi Relawan Jokowi (FKRJ) Kabupaten Lamongan menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan ibu-ibu di Balai  Desa Balun Kecamatan Turi Lamongan secara gratis.

 

“Tujuan bakti sosial ini dalam rangka kepedulian FKRJ terhadap pentingnya kesehatan, terutama kesehatan reproduksi perempuan, yakni untuk pencegahan kanker serviks yang disebarkan melalui virus HPV dan kanker payudara” kata Kordinator Forum Komunikasi Relawan Jokowi (FKRJ) Lamongan, Miftachul Rochim, Kamis (19/4) siang.

 

Selain ibu-ibu warga Desa Balun, lanjutnya, pemeriksaan kesehatan tersebut juga diikuti warga di desa di sekitar desa Balun. “Itu semua agar kesehatan ibu-ibu  tetap terjaga dan terus bersemangat dalam menjalankan kehidupan, layaknya perjuangan Pahlawan Ibu Katini” ungkap Bono, panggilan Miftachul Rochim serius.

 

Dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, FKRJ Lamongan yang didukung Forum Komunikasi Relawan Jokowi Jawa Timur (FKRJ Jawa Timur) mendatangkan Tim Kesehatan dari Stikes Kendedes Malang. Kegiatan itu juga sebagai upaya mendukung Gerakan peduli kanker serviks dicanangkan oleh Ibu Negara Ibu Iriana Jokowi pertengahan tahun2017.

 

“Dan menjadi edaran di seluruh kementrian dan BUMN, bahwa setiap pegawai perempuan dan istri pegawai wajib deteksi dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara” terang Bono serius yang juga mengungkapkan dalam Pilkada Jatim mendukung Pasangan Gus Ipul-Putih .

 

Di sisi lain, salah satu Tim Kesehatan dari Stikes Kendedes Malang, Catarina Galuh, menegaskan kanker serviks juga dikenal juga sebagai salah satu silent killer.

 

“Maka harus dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksinya sehingga dapat dilakukan tindakan medis secara dini sebelum menjadi berkembang menjadi masalah gangguan kesehatan yang serius” ujar Catarina Galuh diharapan ibu-ibu di Balai Desa Balun sebelum pemeriksaan.

 

Sementara itu menurut Nunuk, salah seorang ibu, pemeriksaaan kesehatan khusus bagi perempuan yang sudah bersuami ini sangat baik, karena selain dilakukan pemeriksaan, sebelumnya Tim Kesehatan juga menjelaskan cara menjaga kesehatan.

 

“Sehingga kita dapat pengetahuan bagaimana cara mencegah gangguan kesehatan” pungkas Nunuk singkat. ().

 

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>