Sejahterakan Warga Pinggir Hutan, Lahan Kayu Putih Diperluas

Selasa, 04 November 2018  14:54

Sejahterakan Warga Pinggir Hutan, Lahan Kayu Putih Diperluas

Wakil Administratur KPH Mojokerto Timur, Mada Yuwono Hadhi

Reporter; Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pinggir hutan di Kabupaten Lamongan, Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Mojokerto terus melakukan perluasan untuk tanaman jenis Kayu Putih.

“ Tanaman jenis Kayu Putih cukup pas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pinggir hutan, karena  cukup ekonomis,  apalagi pengelolaanya untuk penyulingan dilakukan sendiri oleh Perhutani” kata Wakil Administratur KPH Mojokerto Timur, Mada Yuwono Hadhi, kemarin.

Menurutnya, saat ini tanaman jenis Kayu Putih ini memang belum banyak di Lamongan, namun perlahan pihaknya terus melakukan perluasan area.

“Saat ini  di Lamongan sudah ada sekitar delapan  ribu hektar tanaman  Kayu Putih, yang tersebar di Hutan di Kecamatan  Mantup, Bluluk, Ngimbang, Sambeng, Bluluk, Modo. Dan kini  fokus terus untuk memperluas tanaman bahan minyak kayu putih ini” ungkap  Mada Yuwono Hadhi.

Dan, tambahnya,  mewujudkan perluasan area tanaman kayu putih itu, pihak Perhutani  akan bergandengan tangan dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

“Sebelumnya juga  ada usulan kalau tanaman minyak kayu putih itu pengelolaannya ditangani lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) mulai memanen daun, menyetorkan ke perusahaan dengan sistem bagi hasil dengan Perhutani” ungkap Mada, panggilan Mada Yuwono Hadhi.

Tanaman kayu putih sendiri  bisa dipanen minimal berumur 9 bulan. “Ke depanya diharapkan ada teknologi baru sehingga panennya sudah tidak lagi  menunggu lama”  katanya berharap.

Di sisi lain, perluasan lahan tanaman Minyak Kayu Putuh ini sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok produksi Minyak Kayu Putih mengingat saat ini Perhutani sudah mempunyai pabrik penyulingan di Dawar Mojokerto. ()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>