Sulit Mendapat Air, Warga Desak Pemdes Bangun Sumur

Kamis, 16 Agustus 2018  06:43

Sulit Mendapat Air, Warga Desak Pemdes Bangun Sumur

Kondisi telaga Desa Pajangan yang sebelumnya airnya diambil warga untuk kebutuhan seharihari.

Reporter :Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Warga Desa Pajangan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan mendesak agar Pemerintah Desa (Pemdes) setempat segera membangun sumur air mengingat selama ini sebagai besar warga saat musim kemarau harus membeli atau mencari  air bersih  ke lain tempat.

Menurut Irawan, salah satu warga Pajangan, air telaga yang selama ini diambil warga untuk memenuhi kebutuhan masak, minum dan mencuci sudah habis. Dan sebagai gantinya masyarakat harus membeli air bersih ke lain tempat.

“Masyarakat yang kurang mampu sangat keberatan jika harus membeli air bersih untuk kebutuhan masak, mencuci dan minum sehari-hari. Maka keberadaan sumur air di Desa Panjangan harus segera dibangun” kata Irawan, Rabu (15/8) pada Beritametro.

Irawan menegaskan, sebenarnya rencana pembuatan sumur di Desa Pajangan sudah direncanakan sejak tahun 2017 lalu. “Bahkan salah satu yayasan membantu dana sebesar Rp 50 juta untuk pembuatanya sumur, serta dari anggaran desa” ungkap Irawan yang mengaku dirinya sebagai perantara dana bantuan dari salah satu yayasan itu.

Irawan juga menegaskan pada Sabtu kemarin, dirinya selaku perwakilan yayasan yang member bantuan dan sejumlah masyakat menemui Kades dan sejumlah perangkat desa, tapi belum juga membuahkan hasil.

Sementara itu Kepala Desa Pajangan, Muhid Rais, pembangunan sumur yang diharapkan warga tersebut sudah dimulai. “Sudah dimulai, tapi sekarang bukan dari Dana Desa tapi dari saya, tinggal meneruskan” jelas Muhid Rais, Kamis (16/8) pagi.

Hal senada disampaikan Ketua  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pajangan menjelaskankan, sebenarnya pihak desa sudah melakukan solusi terkait sumur sumber air yang dibutuhkan masyarakat.

“Sumur sudah dibor, cuma sampai sekarang belum mengalir airnya. Masyarakat dimohon bersabar” terang Ketua BPD Pajangan, Khoerussalam singkat. ()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>