Surat Suara DPR RI dan DPRD Propinsi Mulai Dilipat

Rabu, 20 Februari 2019  13:10

Surat Suara DPR RI dan DPRD Propinsi Mulai Dilipat

Proses pelipatan surat suara untuk Pemilu di Lamongan

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Surat  suara untuk pemilihan Calon Legislatif  (Caleg) DPR RI dan DPR Propinsi  sudah mulai dilakukan oleh sejumlah petugas yang direkrut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan. Sedangkan surat suara Capres dan DPD hingga saat ini belum dikirim ke Lamongan.

 

 “ Surat suara yang dilakukan pelipatan saat ini adalah surat suara DPR RI dan surat suara DPRD Propinsi. Sedangkan surat suara Capres  hingga saat ini belum tiba di Lamongan” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan Devisi Parmas dan SDM, MH Fathur Rahman, Rabu (20/2) siang.

 

Selain Capres, lanjut Fathur, panggilan MH Fathur Rahman, kertas suara yang belum tiba di Lamongan adalah untuk pemilihan caleg DPRD Kabutan Lamongan serta surat suara  Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

 

“Rencananya surat suara Capres, DPRD Kabupaten dan DPD akan dikirim ke KPU Lamongan tiga hari mendatang” jelas Fathur. Secara detail Fathur  juga memaparkan jumlah surat jumlah  surat suara yang dilipat sebanyak 1.077.636 exemplar.

 

Seperti diketahui surat suara tersebut saat proses pengiriman ke KPU Lamongan dikawal ketat dari petugas kepolisian.

 

Menurut Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali, panggilan Imam Ghozali, surat suara  tiba di Lamongan pada Jum’at (15/2) malam dengan pengawalan dari pihak kepolisian. “Setelah diturunkan dari kendaraan pengirim, kemudian  kita lakukan pengecekan serta serah-terima” ungkapnya beberapa waktu lalu.

 

Dan, tambahnya saat itu juga, setelah dilakukan pelipatan  kemudian didistribusikan ke Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) di seluruh kecamatan di Lamongan.

 

Di sisi lain untuk mensukseskan  Pemilu 2019, KPU Lamongan kemarin memberikan pendidikan demokrasi  bagi warga binaan Lapas setempat Lamongan.

 

 “Pendidikan demokrasi ini untuk memberikan pemahaman kepada warga binaan Lapas Lamongan, terkait pelaksanaan Pemilu 2019” terang  Komisioner KPU Lamongan Divisi Teknis Nur Salam.

 

Selain itu, tambahnya, juga untuk memberikan pemahaman bagaimana berjalan nya pemilu serentak tahun 2019 ini, seperti tata cara pencoblosan dan sebagainya.

 

”Pemahaman terkait pelaksanaan Pemilu 2019 tersebut menjadi sangat penting, agar warga binaan tidak bingung ketika akan memberikan suaranya” papar Nur Salam yang juga menegaskan KPU akan menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusu untuk di Lapas. ()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>