Tahun Ini Ditargetkan Pembuatan KK Cukup di Kantor Kecamatan

Rabu, 15 Mei 2019  16:08

Tahun Ini Ditargetkan Pembuatan KK Cukup di Kantor Kecamatan

Suasana pelayanan di Kantor (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan

Reporter: Komari S Praja

LAMONGAN (BM)-Pembuatan atau pengurusan Kartu Keluarga (KK)  di Kabupaten Lamongan ditargetkan tahun ini  dapat dilakukan di seluruh kantor kecamatan, karena di masing-masing kecamatan akan dilengkap peralatan untuk Tanda Tangan Elektronik (TTE).

 

“Tahun ini, target saya semua kecamatan dapat mencetak atau membuat Kartu Keluarga (KK) yang sudah dilengkapi Tanda Tangan Elektronik (TTE). Dan mudah-mudahan tidak sampai akhir tahun target tersebut sudah bisa dilaksanakan” kata Kepala Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamongan, Sugeng Widodo, Rabu (15/5) siang.

 

Sehingga, lanjut Sugeng, panggilan Sugeng Widodo, pemohon tidak lagi ke Kantor Disdukcapil di Jalan Veteran Lamongan, tapi cukup mengurus dan selesai di kecamatan.

 

“Tentunya ini semua untuk memudahkan  pelayanan adminduk di tingkat kecamatan, agar tidak jauh-jauh datang ke Kantor Disdukcapil, dan membuka pelayanan di Kecamatan ini juga untuk memecah kosentrasi pemohon agar tidak sampai ke Disdukcapil” ungkap Sugeng.

 

Saat ini, tambah Sugeng,  baru di Kecamatan Sukorame dan Modo yang Tanda Tangan Elektronik (TTE)  dapat dilakukan di kantor kecamatan setempat.

 

“Sedangkan di kecamatan-kecamatan lainya masih hanya ngeprintnya saja  di kantor kecamatan namun tanda-tangan elektroniknya masih harus di Kantor  Disdukcapil di Kota Lamongan” ungkap Sugeng.

 

Di sisi lain, meski saat ini  tengah puasa Bulan Ramadhan, namun pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lamongan cenderung membludak.

 

Setiap hari pada Rulan Ramadhan ini, Disdukcapil Lamongan melayani sebanyak 100-150 pemohon Adminduk. Pemohon adminduk tersebut beragam, mulai perekaman E KTP untuk pembuatan baru, pembuatan KTP karena rusak atau hilang, pembuatan Kartu Keluarga (KK), dan permohonan pembuatan Kartu Indentitas Anak (KIA).

 

Dari angka 100-150 pemohon itu kata Sugeng panggilan akrab Sugeng Widodo, yang paling dominan itu adalah pengurusan Kartu Keluarga (KK), karena harus tanda tangan elektronik ke Disdukcapil. ()

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>