Tingkat Ekonomi Pedesaan, Bupati Kembangkan Tanaman Durian

Selasa, 09 Januari 2018  23:08

Tingkat Ekonomi Pedesaan, Bupati Kembangkan Tanaman Durian

Bupati Lamongan Fadeli saat melihat kebun durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan.

LAMONGAN(BM)-Bupati Lamongan, Fadeli bertekad mengembangkan area tanaman Durian di desa-desa lain untuk meningkatkan perekononian di pedesaan. Tekad tersebut termotivasi atas keberhasilan sejumlah warga  Desa Sugihan Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan yang berhasil dan sukses menanam Durian.

“Kita  berupaya mengembangkan tanaman Durian ke desa-desa lain yang berada di dataran tinggi, seperti daerah Dapatan dan  Payaman. Diharapkan kelak menjadi salah satu sumber warga desa untuk meningkatkan ekonominya” kata Bupati Lamongan, Fadeli, Selasa (8/1) saat mengunjungi salah satu kebun Durian di Desa Sugihan Kecamatan Solokuro.

Menurutnya dalam waktu dekat, akan dilakukan hitung-hitungan terkait bantuan bibit Durian ke petani di Desa Sugihan serta mencarikan jalan keluar terkait sejumlah hama atau penyakit yang keluhan petani Durian. “Sementara ini kita konsentrasi di Sugihan dulu, diantaranya rencana akan memberi  bantuan ke bibit ke petani agar mereka benar-benar berkonsentrasi untuk merawat dan pengembangkan Durian” ungkap Fadeli.  

Di Desa Sugihan ssendiri saat ini secara keseluruhan terdapat sekitar delapan hektar area kebun Durian dan sudah mengalami beberapa kali panen. Sebagai besar kebun Durian tersebut terdapat di pekarangan warga. “Awal mulai membudidayakan durian dari mencoba-coba. Karena tanaman sebelumnya, jeruk, maupun sawo gagal panen karena terserang  penyakit” kata salah satu pemilik kebun Durian, Zumiyah.

Warga yang awalnya coba-coba sudah mulai memanen hasilnya. “Saat ini saya tidak perlu menjual Durian ke pasar. Pembelinya datang sendiri kesini, yang tidak kebagian malah sudah pesan, “ujarnya. Zumiyah menerangkan, buah Durian di kebunnya dijual Rp 50 ribu per kilogram. Setiap pohon rata-rata bisa berbuah 30 durian dengan berat rata-rata 3 kilogram per buahnya. Selama setahun bisa panen hingga dua kali.(kom/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>