TNI Bedah 19 Rumah Tak Layak Huni Milik Warga Kurang Mampu

Selasa, 17 April 2018  17:22

TNI Bedah 19 Rumah Tak Layak Huni Milik Warga Kurang Mampu

Prajurit TNI Koramil Modo Lamongan saat lakukan bedah rumah milik warga kurang mampu di Desa Dukoh Kecamatan Modo.

Reporter: Komari

LAMONGAN (BM)-Prajurit  TNI dari Koramil Modo saat ini melakukan bedah rumah tak layak huni di wilayah Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan sebanyak 19 rumah milik warga kurang mampu.

"Secara keseluruhan pengerjaan ke 19 rumah selama 60 hari, tiap rumah dialokasikan 6 hari harus sudah selesai. Dam saat ini kita sudah kerjakan 4 rumah diantaranya rumah milik  Saimin warga Desa Dukoh Kecamatan Modo yang kini pengerjaannya sudah mencapai 30 %” kata Danramil Modo, Kapten Inf Subaris, Selasa (17/4).

Menurutnya penerima program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) atau lebih dikenal dengan bedah rumah RTLH,  bagi rumah yang memenuhi syarat RTLH, yakni  beralaskan tanah dan berdinding bambu ataupun dinding kayu.

“Dan untuk pelaksanaan RTLH ini, anggota Babinsa jajaran Koramil Modo bersama warga bergotong royong membenahi rumah penerima RTLH” ungkap Kapten Subaris.

Prajurit TNI berpangkat tiga balok di pundak tersebut juga memaparkan rumah yang sudah dilakukan perbaikan tersebut diharapkan memiliki fungsi bagi kesehatan dan sosial bagi  pemiliknya.

Rumah memiliki fungsi yang sangat besar bagi individu dan keluarga tidak saja mencakup aspek fisik, akan tetapi juga mental dan sosial.  Dan untuk menunjang fungsi rumah sebagai tempat tinggal yang baik maka harus dipenuhi syarat fisik yaitu aman sebagai tempat berlindung” jelasnya.

Maka, tambahnya, rumah secara mental  harus memenuhi rasa kenyamanan dan secara sosial dapat menjaga privasi setiap anggota keluarga, menjadi media bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga.

Dengan terpenuhinya salah satu kebutuhan dasar berupa rumah yang layak huni, diharapkan tercapai ketahanan keluarga” kata Kapten Subais menegaskan. ()

 

 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>