Pilrek UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS Menang Telak

Rabu, 23 Mei 2018  20:20

Pilrek UB, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS Menang Telak

Rektor terpilih Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.

MALANG(BM) –Usai sudah pemilihan rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang periode 2018-2022. Meski sempat mengalami kemunduran dari jadwal yang direncanakan, namun prosesi pemilihan yang digelar  di Gedung Widyaloka UB Rabu (23/5) berjalan dengan lancar dan dari hasil tersebut, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS,  menang dan segera memimpin UB pada periode mendatang.

Ketiga kontestan yang maju, Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS, menang dengan perolehan suara telak dan mengalahkan dua nama lainnya yaitu Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS,  dan Dr. Ir Osfar Sjofhan, M.Sc. Hasil perhitungan suara rapat pleno tertutup, Prof Dr Nuhfil Hanan AR mendapatkan 159 suara, Prof Dr M Bisri mendapatkan 93 suara, Dr Osfar Sofjan mendapatkan empat suara dan satu suara dinilai tidak sah.

Rapat pleno tertutup tersebut dihadiri 169 senat dan 90 suara menteri, dengan total 257 suara. Jumlah suara tersebut 35 persen berasal dari suara menteri yang hadir dan sisanya adalah hak suara bagi senat yang hadir dalam rapat pleno tertutup. Sebelumnya, dalam pemilihan rektor UB periode 2018-2022 terdapat lima bakal calon rektor.

Selain tiga nama yang dipilih oleh anggota senat pada hari ini, yaitu Dr Tjahyo Suprayogo dan Dr KRTH Sujito Satriyopuro. Namun, setelah dilakukan tahap seleksi berkas, satu nama Dr KRTH Sujito Satriyopuro dinyatakan tidak lolos.Setelah itu, keempat calon lainnya, mengikuti tahapan seleksi tes kesehatan dan tes bebas narkoba. Keempatnya dinyatakan lolos.

Selanjutnya, keempat calon mengikuti rapat pleno tertutup yang hasilnya, satu calon terseleksi,  Dr Tjahyo Suprayogo.Hasil perhitungan rapat pleno tertutup pertama, diperoleh Prof M Bisri 77 suara, Prof Nuhfil Hanan AR 77 suara, Dr Osfar Sofyan enam suara, dan Dr Tjahyo Suprayogo satu suara.

Sementara itu, Direktorat Jendral pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemristekdikti,  Prof Ahmad Intan,  dalam sambutannya mengaku senang, sebab pada proses pemilihan rektor tersebut berlangsung dengan tertib dan lancar. “ Selamat atas kerja kerasnya dalam penyelenggaraan Pilrek, kami berharap agar  sebelum 10 Juni 2018 sudah dilakukan pelantikan oleh Menteri,” kata Prof Ahmad Intan dalam sambutannya.

Pemerintah dalam hal ini telah memberikan perhatian besar kepada UB. Sebab, UB memiliki mahasiswa paling banyak di Indonesia. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan mutu pendidikan, diantaranya peningkatan jumlah guru besar di UB yang masih berjumlah 143 orang.“ Sesuai tagline Pilrek 2018 “UB Memilih yang Terbaik dengan Hati Nurani”. Pemilihan Rektor Universitas Brawijaya berlangsung secara demokratis dan lancar,” pungkasnya. (lil/dra).

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>