Polinema Siap Gelar Konres Perlindungan Konsumen Online

Selasa, 05 Juni 2018  14:45

Polinema Siap Gelar Konres Perlindungan Konsumen Online

Direktur Politeknik Negeri Malang (Polinema), Awan Setyawan.

MALANG (BM)- Politeknik Negeri Malang (Polinema) dipercaya menjadi tuan rumah even bertaraf nasional. Polinema ditunjuk untuk menggelar Konferensi Nasional (Konres) Perlindungan Konsumen Dalam Perdagangan Barang dan Jasa Online yang pertama di Indonesia. Direktur Polinema, Awan Setyawan mengakui soal penunjukan itu, Selasa (5/6).

“Memang benar Polinema telah ditunjuk dan mendapat kepercayaan dari Badan Standarisasi Nasional (BSN) untuk menjadi tuan rumah  Konfrensi Nasional (Konres) Perlindungan Konsumen Dalam Perdagangan Barang dan Jasa Online, pada Juli 2018 mendatang,” tutur Awan Setyawan, Selasa (5/6).

Sesuai agenda, Konres itu bakal digelar 16 – 19 Juli 2018 dan rencananya akan dibuka secara langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). “ Nantinya, kami akan melibatkan semua unit Koperasi Unit Usaha (KSU) Citra Polinema untuk melayani semua kebutuhan, pelaksanaan Konres tersebut,” paparnya.

Disebutkannya,  mulai dari tiketing, rentcar, suvenir dan lainnya. “Sementara penginapan kami bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot)  Batu,” papar dia. Dijelaskan bila peserta Konres sekitar 3.500 orang. Sebab ada 500 Kota/Kabupaten di Indonesia yang akan mengirimkan delegasinya. Tiap kota atau kabupaten mengirimkan delegasi minimal tujuh orang. Sehinga total peserta sekitar 3.500 orang.“Masing- Masing daerah diwakili tujuh delegasi. Ini adalah Konres Nasional yang pertama kalinya di Indonesia,” paparnya. Dijelaskan bahwa Polinema ditunjuk jadi tuan rumah, bermula saat ada Konfrensi Internasional di Bali, Mei 2018 lalu. Konres itu diikuti 147 Negara.

“Saat itu, Polinema menjadi satu – satunya Perguruan Tinggi Politeknik yang ditunjuk Badan Standarasasi Nasional (BSN) untuk mewakili Indonesia. Lantas, BSN dan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia menunjuk Polinema menjadi tuan rumah Konres yang pertama kali di Indonesia ini,” jelas Awan Setyawan dan diamini Wakil Direktur I, Supriatna Adhiauwignjo serta Ketua KSU Citra Polinema, Heriyanto Budiono Sumardi.

Gawe besar bertaraf nasional itu, Polinema menyerahkan pengelolaannya pada KSU Citra Polinema. “Kami telah menyiapkan segala sesuatunya termasuk ratusan unit kendaraan untuk antar jemput para delegasi,tentunya melalui KSU Citra Polinema,”  terangnya. Sementara, Ketua KSU Citra Polinema, Heriyanto Budiono Sumardi menambahkan, bahwa kepercayaan yang diberikan pimpinan Polinema itu, semua tak lepas dari kemajuan koperasi milik Polinema. Maka, koperasi milik Polinema itu terus dibenahi untuk dikembangkan.

“Bahkan kami sudah menunjuk manajer. Selain itu beberapa kepala bidang untuk menangani unit-unit usaha KSU itu,” tutur Pakde sapaan akrab Heriyanto Budiono Sumardi. Diantara unit usaha itu disebutkan seperti Bidang Jasa berupa Tiketing dan Rencar, Bidang perdagangan dan pengadaan berupa sembako dan ATK. Selain itu Bidang produksi berupa mesin pembuat air minum kemasan dan mesin daur ulang sampah serta Bidang Teknologi Informasi (TI) meliputi aplikasi online untuk perdagangan produk UMKM.(lil/dra).

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>