Polres MAKOTA Tindak 6.327 Pengendara

Selasa, 14 November 2017  23:16

Polres MAKOTA Tindak 6.327 Pengendara

Kasat Lantas Polres Malang Kota,AKP Ady Nugroho

MALANG(BM) - Operasi Zebra Semeru Tahun 2017 berakhir,Selasa (14/11). Operasi yang digelar  sejak 1 - 14 November 2017,dengan sasaran pengendara yang tidak mematuhi peraturan berlalu lintas, Polres Malang Kota berhasil menindak ribuan pengendara. Hari ini (red - kemarin), merupakan hari terakhir operasi zebra yang digelar Satlantas Polres Malang Kota, dengan menggandeng Dinas Perhubungan (Dishub)  Provinsi Jawa Timur (Jatim), serta Dinas Pendapatan daerah (Dispenda) Jatim dan Corps Polisi Militer (CPM),digelar didua tempat,yaitu di titik Fly Over Kotalama Jl.Kolonel Sugiono yang berlangsung pukul 06.00 WIB hingga pukul 07.00 WIB serta di Jl Raya Lowokdoro,Gadang,Kecamatan Sukun, Kota Malang sejak pukul 09.00 hingga berkahir pada 11.00 WIB.

"Operasi ini bertujuan menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas," ungkap  Kasat Lantas,AKP Ady Nugroho didampingi Kanit Pengaturan, Penjagaan,Pengawalan dan Patroli (Turjawali), Ipda Luhur Santoso disela operasi zebra.Selasa (14/11).

"Operasi terakhir memang hari ini, sampai hari ini ada sekitar kurang lebih 6000 pengendara yang melanggar, banyak yang tidak mempunyai SIM C dan STNK," lanjut pria ramah yang dekat dengan awak media tersebut. Dari pantauan di lokasi, beberapa anggota Satlantas dengan menggunakan motor trail trap juga terlihat melakukan pengejaran. Hasilnya,salah satu pelanggar yakni, Puji (22) warga Poncokusomo harus merelakan kendaraannya ditindak. Sebab,dara manis ini,kedapatan tidak memiliki SIM C, sedangkan STNK tertinggal di rumah.

Kasat Lantas  menjelaskan, untuk pengendara roda dua (R2)  yang tidak memiliki SIM dan yang STNK nya tertinggal, maka kendaraan akan ditahan sementara. Dalam menindak para pelanggar lalu lintas, jajarannya akan menerapkan beberapa bentuk penindakan, yakni peringatan dan mengeluarkan bukti pelanggaran lalu lintas (Tilang).

Sejak digelarnya Operasi Zebra 2017,jajaran Satlantas Polres Malang Kota telah menindak ribuan pengendara. Itu terlihat pada Operasi Zebra, Minggu  (14/11) ,sebanyak 6.327 pengendara ditilang. Rincian barang bukti  4.246 Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang diamankan sebagai barang bukti pelanggaran.Surat Izin Mengemudi (SIM) sebanyak 1.957,sedangkan barang bukit  kendaraan bermotor  (Ranmor) sebanyak  124 unit.

“ Dari banyaknya pelanggaran tersebut, kendaraan roda dua yang paling mendominasi. Ada 5.920 pengendara motor melanggar lalu lintas. Selain itu, pelanggaran juga dilakukan 380 mobil dan 27 kendaraan R4 jenis truk. Rata-rata, para pengendara mempunyai masalah dengan surat-surat kendaraan. Ada yang SIM-nya mati, ada juga pelanggar yang STNK-nya tidak dibawa,hingga totalnya mencapai 6.327 pelanggar yang ditindak,”tandasnya.

Kasubag TU Dishub provinsi UPT LLAJ, M.Binsar Siregar menjelaskan, "Kami melakukan sesuai dengan SOP, tentang kelengkapan teknis kendaraan, kalau tidak ya kami tilang" ungkapnya.”Tidak hanya kelengkapan kendaraan, Dishub juga menilang para pelanggar angkutan umum yang tidak memiliki ijin trayek,”tandasnya.(lil/dra).
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>