Tampilkan Budaya Nusantara.di Karnaval Merjosari Bangkit
Sejumlah peserta menampilkan beragam budaya nusantara pada karnaval Merjosari Bangkit
By: redaktur
8 Okt 2017 23:27
 
 

MALANG(BM)-Ribuan warga Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang menunjukkan kreativitasnya melalui Karnaval Budaya Nusantara dalam menyambut  Bersih Desa ke-3 di sepanjang jalan Kertojoyo, Gajayana, MT.Haryono hingga Tlogo Indah, Tlogomas dan Mertojoyo. Terlihat, beragam kreativitas dikeluarkan warga dari 86 RT. dan 12 RW ini. Mereka menunjukkan kreativitas kesenian dan budaya kepada penonton yang sejak pagi telah memadati jalur sepanjang Jalan yang dilalui peserta Karnaval Budaya, Kelurahan Merjosari Kota Malang tersebut.

Usai diberangkatkan Walikota Malang,H.Moch Anton, para peserta karnaval yang diwakili masing –masing RW terdiri dari 5 (lima) kelompok dan masing – masing kelompok terdiri dari 50 orang itu,menampilkan budaya daerah.seperti budaya Bali, Kalimantan, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Minggu (8/10).

Tak ketinggalan kesenian tarian daerah seperti Tari Topeng Malangan, Tari Kecak dari Bali, Bantengan, Kuda Lumping, Reog Ponorogo, ogoh-ogoh, tarian dari pulau Madura dan lain sebagainya juga ikut ambil bagian pada karnaval ini. Tak hanya itu, dari kalangan pelajar, mahasiswa serta kalangan akademisi dan kalangan legislatif juga ikut ambil bagian berbaur bersama warga untuk memeriahkan karnaval tersebut.

Penampilan para peserta karnaval mampu menghipnotis dan menghibur penonton. Antusis dalam kegiatan rutin dua tahunan ini, sangat tinggi sekali mulai dari anak-anak hingga orang tua yang tampak turut berpartisipasi dalam acara karnaval budaya nusantara dengan tema “Merjosari Bangkit ke Tiga“.

Walikota Malang,H.Moch.Anton mengatakan,kegiatan yang digelar warga Kelurahan Merjosari ini merupakan kegiatan yang harus dipertahankan.Apalagi kegiatan yang mendapat sambutan dari masyarakat setempat itu juga mengusung tema “Merjosari Bangkit ke Tiga”yang artinya,kegiatan di Merjosari ini telah digelar secara rutin setiap dua tahunan.

Sementara itu, Lurah Merjosari,Drs.Abdullah, menjelaskan, kegiatan ini untuk mempererat antar warga. Adanya kegiatan bersih desa disertai dengan karnaval yang mengambil konsep Budaya Nusantara ini,akan menambah erat persaudaraan diantara warga di Kelurahan setempat.

''Budaya Nusantara merupakan konsep  yang kami pilih untuk Merjosari Bangkit Ketiga, Diharapakan ke-Bhinekaan akan menyatukan  warga disini. Jumlah peserta karnaval sangat fantastis,yakni  sekitar enam  ribu orang yang menampilkan beragam kreativitas kesenian dan budaya,”kata Abdullah disela mendampingi Walikota Malang dan Camat Lowokwaru diacara karnaval.

Ditempat yang sama,Camat Lowokwaru,H.Imam Badar mengatakan,kegiatan bersih Desa Merjosari ini merupakan yang ketiga kalinya.Mangkanya,kata dia,tema dalam kegiatan ini disebut Merjosari Bangkit ke Tiga,hal itu sebagai rasa bersukur warga setempat atas rahmat yang telah diberikan yang maha kuasa.(lil/dra).

Create Account



Log In Your Account