Usai Dilaporkan, Kini Ivo Laporkan Balik

Kamis, 08 Februari 2018  23:25

Usai Dilaporkan, Kini Ivo Laporkan Balik

Fahrudin Umasugi SH (kiri), Kuasa Hukum Ivo Kristiana saat menjelaskan kronologis berdirinya Koperasi TMB

 

MALANG(BM)- Perseteruan Conrad Notoatmodjo dengan Ivo Kristiana, semakin seru untuk diikuti, karena dibalik itu ada cerita asmara yang tak lain mantan kekasihnya. Sebab, kedua pasangan kekasih yang semula rukun dan selalu bersama dalam mendirikan usaha Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Teratai Mas Bhuana (TMB) di Jl. Kawi, Kecamatan Klojen, Kota Malang tahun 2013 silam, kini kedua pasangan yang kandas menuju pelaminan itu, harus saling lapor ke Polisi. Karena, mereka saling tuding ketidakberesan dalam urusan usaha koperasi TMB yang dirikan bersama.

Hal itu berawal saat perpecahan atau ketidakharmonisan keduanya dalam berpacaran tahun ke enam jalinan asmaranya. Hingga berimbas pada urusan usaha yang mereka dirikan. Hingga akhirnya, Conrad Atmoatmodjo Ketua Koperasi TMB melaporkan Ivo Kristiana saat itu menjabat bendahara di Koperasi TMB.  Ivo Kristiana dilaporkan ke polisi dengan dugaan menyelewengkan dana koperasi hingga miliaran rupiah.

Pelapornya tak lain adalah ketua Koperasi TMB, Conrad Notoatmojo. Dirinya mengetahui ada dugaan penyelewengan dana koperasi sejak akhir 2017 lalu. Kala itu, Conrad mengaudit internal dana koperasi dan ternyata muncul deposito palsu ke 19 BPR. Menanggapi hal itu, Fahrudin Umasugi SH kuasa hukum Ivo Kristiana membuka blak-blakan permasalahan yang terjadi di Koperasi TMB, dikatkan permasalahan itu berawal dari hubungan asmara antara kliennya dengan Conrad Notoatmodjo yang kandas.

“Awalnya yang mendirikan Koperasi itu klien saya dan Conrad. Mereka berpacaran sejak enam tahun lalu. Namun, setelah ayahnya Ivo Krsitiana yakni Eko Handoko meninggal, tiba-tiba Conrad memutus hubungan. Masalahnya apa juga tidak jelas. Tapi klien saya tidak mempermasalahkan itu. Karena Conrad telah lapor Polisi, maka kami juga akan melaporkan dia (Conrad) ke Polres Malang Kota pekan depan atas dugaan penggelapan,” kata Udin sapaan akrab Fahrudin Umasugi kepada wartawan, Kamis (8/2).

Diungkapkannya, bahwa pemberitaan di beberapa media bahwa Koperasi TMB ada kaitannya dengan orantua pendiri, itu tidak benar. Apalagi dikaitkan dengan KSU Montana, juga tidak benar. “ Apa yang dikatakan Conrad  Notoatmodjo terkait adanya transaksi fiktif juga tidak benar. Selama ditinggal Conrad empat bulan tidak masuk kerja, koperasi tetap beroperasi seperti biasa dan selama ini tidak pernah ada keluhan dari para deposan serta pembayaran bunga selalu lancar,” bebernya sembari menunjukan isi whatsapp (WA) dari kliennya.  

Melihat kondisi yang demikian dan dianggap mendesak, akhirnya anggota bersepakat  untuk melakukan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB) pada Rabu (7/2) kemarin. Sebelumnya, mereka telah beberapa kali meminta ketua untuk mengadakan rapat anggota, namun permintaan tersebut selalu  ditolak oleh Conrad selaku ketua koperasi TMB.  

“Maka diadakanlah Rapat Anggota Luar Biasa pada 7 Februari 2018 yang dihadiri oleh lebih dari setengah anggota rapat dan memenuhi quorum serta dihadiri notaris dan perwakilan dari Dinas Koperasi. Rapat ini sudah sah menurut aggaran dasar koperasi," tandasnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi (Dinkop) Kota Malang, Tri Widyani, menyampaikan bahwa pihaknya sudah  menyarankan permasalahan yang dihadapi Koperasi TMB untuk  dimusyawarahkan. “ Namun masing - masing punya ego, hingga terjadi rapat pergantian pada Kamis (7/2) kemarin.

Yani melanjutkan, selama koperasi TMB berdiri, kata dia, belum pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Padahal, seharusnya setiap tahun harus melaksanakan RAT." Terkait pengurusan Conrad sampai 2019, namun dalam perjalananan ada sesuatu hingga ada rapat luar biasa.  “Kami sudah sarankan agar dilakukan audit dulu, sehingga bisa dilakukan Rapat Anggota Luar Biasa (RALB). Namun didalam aturan, rapat tetap bisa dilaksanakan jika diajukan oleh 20 persen dari jumlah anggotanya. Selain itu juga disepakati oleh 51 persen anggotanya,” tandasnya. (lil/dra).

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>