Cegah HIV-AIDS, Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

Kamis, 10 Desember 2017  23:18

Cegah HIV-AIDS, Jaga Pola Hidup Bersih dan Sehat

Jalan sehat peringatan Hari AIDS Se-Dunia di Kota Mojokerto

Mojokerto(BM)-Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus, memberangkatkan jalan sehat dalam rangka peringatan hari Aids Se-Dunia. Bertempat di Jogging Track jalan Hayam Wuruk Kota Mojokerto, pemberangkatan start dilakukan Wali Kota dengan didampingi Ketua TP PKK Siti Amsah Mas’ud Yunus bersama Plt Sekda Gentur Prihantono, jajaran Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah. Ribuan peserta jalan sehat terdiri dari aktivis anti HIV-AIDS, pelajar, kader motivator kesehatan hingga duta kesehatan remaja. Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Ch Indah Wahyu, mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memahamkan kepada seluruh masyarakat pentingnya mencegah penularan HIV-AIDS.

“Karena sampai tahun 2017 penderita HIV-AIDS yang sudah kita layani sebanyak 770 penderita, 148 diantaranya meninggal dunia. Kota Mojokerto sampai tahun 2017 ini penderita HIV-AIDS sebanyak 21 orang,” tuturnya. Bertema; Saya Berani Saya Sehat. "Saya berani" bermaksud untuk berani tes HIV AIDS dan melaksanakan pengobatan jika terdeteksi. Semangat “Saya sehat” karena ketika ditemukan sedini mungkin virus harus terus diobati untuk terus bisa survive seperti pada pengobatan penyakit kronis lainnya.

Sementara, Wali Kota Mas’ud Yunus dalam sambutan sebelum memberangkatkan menyampaikan bahwa HIV-AIDS merupakan satu virus yang sulit untuk disembuhkan. “Karena itu kita, keluarga kita dan lingkungan kita harus kita lindungi dari bahaya HIV-AIDS. Agar menjadi keluarga yang sehat dan lingkungan sehat sekaligus untuk membentuk Kota Mojokerto menjadi kota yang sehat,” urainya.

Wali Kota Mas’ud menambahkan bahwa upaya penyadaran kepada masyarakat harus terus dilakukan salah satunya dengan penyampaian seperti pada jalan sehat kali ini. “Maka itu untuk mencegah HIV-AIDS perlu kita sadarkan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat. Insya Allah kalau seluruh warga kota melaksanakan prinsip-prinsip pola hidup bersih dan sehat atau PHBS maka kita semua seluruh warga kota akan terlindungi dari bahaya AIDS ini,” harapnya.

Puluhan Duta Kesehatan remaja bentukan Dinas Kesehatan Kota Mojokerto selain menjadi peserta jalan sehat, disepanjang jalan juga membawa poster dan melakukan kampanye hari AIDS sedunia. Wali Kota Mas’ud Yunus di akhir acara juga berkesempatan mengundi dengan hadiah utama mesin cuci dan sepeda. (nan/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>