Dewan Pertanyakan Kinerja PDAM

Senin, 27 November 2017  23:19

Dewan Pertanyakan Kinerja PDAM

Aktivitas kantor PDAM Kota Mojokerto masih terlihat sepi

Mojokerto(BM)- Upaya Direktur PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto, Iewan mendongkrak laba perusahaan plat merah yang kini dinahkodainya tak lebih seperti tetap menjadikan pemkot ‘donatur tetap’. Secara terang-terangan dirinya bahkan menyatakan akan menjadikan perusahaan mandiri tanpa penyertaan modal dari pemkot. Bahkan sejumlah opsi penyehatan PDAM Maja Tirta yang ditawarkan Iewan Prasetyo kepada Pemkot Mojokerto dipastikan bakal membuat  Pemkot kedodoran lagi. Iewan mengharapkan terbitnnya regulasi yang mewajibkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Perda bagi pelaku bisnis, perusahaan, hotel dan restoran agar berlangganan produk air PDAM dari Walikota dan DPRD. . 

"Dalam menyusun rencana bisnis, kita perlu dana.  Tentu kita butuh penyertaan modal dari Pemkot, sehingga bisa membuat terobosan,"ujar Iewan Prasetya, kemarin. Pihaknya kini tengah menghadapi tingginya biaya produksi. "Kita menghadapi persoalan tingginya biaya produksi. Sementara saat ini yang bisa kita lakukan hanya efisiensi saja untuk menekan biaya itu,"  tambahnya. 
Bahkan Iewan bercita-cita memberikan pelayanan air bersih 24 jam ke pelanggan meski tidak mencapai target. Sebab, kini dirinya berjuang untuk menekan kebocoran pipa jaringan disejumlah titik.  "Target kita layanan air 24 jam,  tapi itu masih belum.Karena kebocoran pipa kita masih tinggi. Padahal kalau mau membenahi jaringan kita terbentur dana," keluhnya. 
Wakil Ketua Komisi III Cholid Virdaus mengomentari sinis rencana tersebut. "Silahkan dinaikkan,  maka semua pelanggan akan menyilahkan PDAM melepas semua kontrol meternya.  Yang harus diperbaiki itu kualitas dulu, baru berpikir naik,"  kecamnya. Cholid menyayangkan kegagalan lobi PDAM kepada pemerintah.  "Peluang mendapatkan DAK air bersih saja gagal bagaimana mau maju,"ujarnya.(nan/dra) 
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>