Kapolresta Sidak KPU, Empat Paslon Daftar Terakhir

Selasa, 09 Januari 2018  23:18

Kapolresta Sidak KPU, Empat Paslon Daftar Terakhir

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Puji H Wibowo saat sidak personilnya di KPU Kota Mojokerto

Mojokerto(BM)-Memasuki tahahpan pilkada di Kota Mojokerto dan memasuki tahap pendafataran pasangan calon (Paslon) yang akan berakhir Rabu, faktor kemanan mendapt prioritas. Ini terlihat saat Kapolres Mojokerto Kota melakukan kunjungan ke kantor KPU Kota Mojokerto, Selasa.

Kapolres Mojokerto Kota AKBP Puji H Wibowo menyatakan pihaknya tengah menyiagakan ratusan personilnya baik terbuka maupun tertutup. Selain itu sebuah water canon pengacau massa juga ditempatkan di kantor KPU jalan Banteng Pancasila. "Kerawanan sekecil apapun harus kita waspadai dan antisipasi. Kita kerahkan anggota disini (KPU,  Red), ada yang melekat di gedung dan selama proses pendaftaran," tegas Kapolresta saat sidak di kantor KPU Kota Mojokerto,  Selasa.
Selama masa pedaftaran pasangan calon (paslon),  pihaknya menerjunkan 125 personil pengamanan dan 16 personil di ring 1.  "Jumlah personil yang kita terjunkan dibagi dua, 125 personil selama masa pendaftaran dan 12 personil melekat di gedungnya. Jadi totalnya 141 personil.  Itu belum termasuk personil kita yang berada di Mapolres," ujarnya.
Kapolres Kota menyatakan pihaknya tetap bersiaga meskipun situasi politik kondusif. Bahkan guna menghindari konflik antar pendukung pihaknya akan membagi jam pendaftaran.  "Kita bagi jam pendaftaran,  jangan sampai berbarengan yang bisa menyulut konflik antar pendukung,"  ungkapnya. 
Dalam kondisi apapun,  pihaknya akan bersiaga penuh. "Apalagi ada informasi besok ada (paslon)  yang bawa iring-iringan Reog.  Tentu ada pengerahan massa,"  imbuhnya. Sementara itu,  hingga hari kedua pendaftaran paslon walikota dan wakil walikota yang dibuka KPU Kota Mojokerto belum ada satupun calon yang mendaftar.  Ketua KPU Saiful Amin Sholihin mengatakan kemungkinan pendaftaran dilakukan serentak pada hari penutupan yang jatuh Rabu (10/1). "Hingga siang hari ini belum ada yang daftar.  Kemungkinan baru besok semua,"  jelas Amin.
Sementara berdasar informasi yang dihimpun menyatakan keempat paslon walikota dan wakil walikota Mojokerto memastikan mendaftar ke KPU setempat di hari ketiga atau hari terakhir masa pendaftaran, Rabu (10/1). Paslon Warsito dan Mulyadi yang diusung PAN dan PKS akan melakukan pendaftaran Rabu pagi sekitar pukul 09:00 WIB.
Sedangkan paslon yang diusung PDI Perjuangan, Akmal Budianto dan Rambo Garudo memilih waktu menjelang tengah hari untuk menjemput tiket running Pilwali tersebut. "Akan daftar Rabu besok, " kata Agus Hariyono, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto. Paslon Ika Puspitasari dan Achmad Rizal Zakaria yang diusung Partai Golkar dan Partai Gerindra akan menuju meja bursa Pilwali petang hari sekitar pukul 18:00 WIB."Besok (Rabu) paslon kami akan daftar ke KPUD," kata Ketua DPD Partai Golkar Kota Mojokerto, Sonny Basuki Raharjo.
Sementara itu PKB-Demokrat dan PPP yang mengusung Andy Soebjakto dan Ade Ria akan mendaftarkan kandidatnya, Rabu, pukul 15:00 WIB."Besok (Rabu) kami daftar ke KPU (Kota Mojokerto)," kata Sekretaris DPC PKB Kota Mojokerto, Masduki Stabil.(nan/dra)

OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>