KLB Difteri, Warga Mojokerto Divaksin Massal

Kamis, 18 Januari 2018  23:28

KLB Difteri, Warga Mojokerto Divaksin Massal

Kadinkes Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu

Mojokerto(BM)-Sebanyak 52 ribu lebih warga Kota Mojokerto usia 0-19 tahun akan diberikan vaksin Difteri yang juga meruapakan virus yang dapat berujung mematikan bila menyerang saluran pernafasan secara akut. Kita akan mulai menggelar vaksinasi difteri mulai 1 Pebruari sampai 1 Maret mendatang. Kota Mojokerto masuk daftar kota berstatus KLB (Kejadian Luar Biasa) difteri setelah temuan suspect terhadap seorang warga tahun lalu, " jelas Kadinkes Kota Mojokerto,  Christiana Indah Wahyu, kemarin. Indah mengatakan pihaknya tak mau lengah dengan kejadian tersebut. "Temuan suspect sudah mengkhawatirkan hingga pemerintah Propinsi Jatim dan menetapkan Kota Mojokerto KLB difteri.  Karenanya kami akan menggelar program imunisasi massal ini,"ujarnya. 

Menurut Indah,  pihaknya akan menyasar masyarakat usia 0-19 tahun untuk suksesnya program ini.  "Kita fokus di kantong-kantong masyarakat seperti sekolahan,  Depag,  TNI/Polri, dan tokoh masyarakat.  Kalau dananya kita sharing 50:50 dengan Pemprop,"  akunya. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae yang menular dan berbahaya.
Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian lantaran sumbatan saluran nafas atas toksinnya yang bersifat patogen, menimbulkan komplikasi miokarditis (peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah), gagal ginjal, gagal napas dan gagal sirkulasi.
"Difteri itu gejalanya radang saluran nafas, ada selaput putih dan gampang berdarah, dan toksinnya itu yang bahaya, bikin kelainan jantung, meninggal," katanya. Difteri menimbulkan gejala dan tanda berupa demam yang tidak begitu tinggi, 38ºC, munculnya pseudomembran atau selaput di tenggorokan yang berwarna putih keabu-abuan yang mudah berdarah jika dilepaskan, sakit waktu menelan, kadang-kadang disertai pembesaran kelenjar getah bening leher dan pembengakan jaringan lunak leher yang disebut bullneck.(nan/dra)
OTHER NEWS


TERKINI

SELENGKAPNYA
EDISI TERBARU Edisi 21 Juni 2017

Untuk langganan Koran Berita Metro, hubungi (031)5318686 Alamat Jl.Tunjungan Nomor 86 Surabaya.

E-paper

>